Perjalanan dan Bahagia

Gambar tajaan shutterstock

Bicara soal perjalanan, tentu kita semua pernah bahkan sering melakukan perjalanan. Baik itu untuk bekerja, belajar, ataupun liburan. Tapi pernahkah kita sadar tentang berapa indahnya suatu perjalanan. Kita tidak bicara tentang jarak, tapi pernahkah kita menikmati suatu perjalanan?

Kadang kita melakukan perjalanan untuk berlibur ke suatu tempat, kita tidak sabar untuk segera sampai ke tempat yang kita tuju. Bahkan saat kita sudah sampai sekalipun, kita tidak sabar untuk segera pulang. Ya, itu juga saya rasakan. Herannya, mengapa tidak nikmati saja? Jika ingin bahagia, sebenarnya sederhana. Cukup tenanglah sejenak, pandang sekitar, dan rasakan, kalau perlu pikirkan serta renungkan. Betapa indah setiap jengkal yang kita lalui, itulah yang seeing kita lupa. “Ingin mencari kebahagiaan yang besar dengan melupakan kebahagiaan-kebahagiaan kecil yang ada di sekitar kita.”

Orang bilang kehidupan ini adalah suatu perjalanan. Saya sangat setuju. Sama halnya dengan perjalanan, dalam hidup kita tentu punya tujuan. Kita terus bergiat melakukan segala cara untuk mencapai tujuan itu. Sampai-sampai kita lupa. Ya, lupa menikmati. Lupa menikmati setiap proses menuju kesuksesan yang kita inginkan.

Walaupun benar kita mendapatkan tujuan tersebut, apa yang kita rasakan? Bahagia? itu tentunya. Lalu apa bedanya dengan menikmati? Jika kita sudah menikmati proses lalu mancapai kesuksesan, itu berarti bonus kebahagiaan. Dan walau kita gagal, setidaknya kita sudah menikmati proses. Dengan itu berarti kita juga sudah bahagia. Sederhana bukan! Karna bahagia hakikatnya adalah apa yang kita nikmati.

Ini bukan cerita omong kosong belaka, ini tentang penyesalan di ujung-ujung masa SMA. Masa yang menurut kebanyakan orang adalah masa yang paling bahagia. Tentang masa yang lupa kunikmati, karena ambisi buta yang akhirnya tidak berarti.

Kehidupan adalah perjalanan yang singkat kawan. Jadi intinya, jangan lupa untuk menikmati setiap langkah dan proses  dalam perjalanan kehidupan.

Kebahagiaan itu semu kawan, jadi kita harus jeli untuk melihat dan merasakannya.

Jangan lupa bahagia!!! 🙂