Ciri Kesempurnaan Manusia

Rancah.com – Pernahkah kita bertanya, setidaknya pada diri kita sendiri, apa sebenarnya hakikat diri ini? Bagaimana dan seperti apa sesungguhnya manusia itu, dan apa yang membedakan dari makhluk lainnya? Dan apa yang menjadi ciri kesempurnaan manusia?

Sebagai sebuah alternatif jawaban, bolehlah penulis mengajukan sebuah tawaran. Bahwasanya yang menjadi ciri pembeda manusia dengan makhluk lainnya adalah kesadaran yang kita miliki. Yang mana dengannya kita mampu berpikir dan memperoleh pengetahuan baru di atas pengetahuan-pengetahuan yang telah dimiliki sebelumnya. Alias alat untuk memproduksi pengetahuan baru secara mandiri.

Dengan kesadaran yang kita miliki, kita mampu mewujudkan hal-hal yang sebelumnya tidak ada untuk kemudahan dan kebahagiaan hidup kita. Contoh nyatanya ada dalam kehidupan kita sehari-hari. Bagaimana teknologi berkembang secara pesat, termasuk media gawai (gadget) yang hampir setiap kita memilikinya saat ini. Dengan teknologi ini, kita mampu mengakses informasi dari belahan dunia manapun cukup di ujung jari.

Namun, kita saksikan sendiri bagaimana di tengah pesatnya perkembangan kecanggihan teknologi, ternyata kita semakin menjauh dari nilai-nilai krmanusiaan yang luhur. Peperangan makin massif, kriminalitas tidak juga surut, jurang antara yang miskin dengan yang kaya semakin dalam. Itu semua menunjukkan bahwa ternyata kesadaran teknologis yang manusia miliki tidak serta merta membawa kemajuan dalam hal hakikat kemanusiaan kita.

Apa yang salah dengan semua ini? Jangan-jangan kita telah salah kaprah dalam mengarahkan kemampuan berpikir kita. Kita salah fokus. Hal-hal yang prinsipil lupa kita tekuni, dan kita malah asyik dengan hal-hal yang sebenarnya tidak terlalu penting. Sudah saatnya kita berpikir ulang mengenai cara berpikir kita. Terutama mengenai landasan, arah, dan tujuan serta sasaran, atau objek yang menjadi pemikiran kita.

Perlu ada reorientasi, sedemikian agar kita dapat menggali lebih dalam untuk mengenali nilai dasar kemanusiaan kita. Sehingga dengan semakin bergulirnya zaman, berlanjutnya generasi, semakin tinggi pula nilai kemanusiaan yang memanifestasi dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, nantinya dapat kita saksikan buah dari puncak peradaban berupa wujudnya manusia-manusia yang berkarakter dan mengukir ciri kesempurnaan manusia dalam jiwanya masing-masing.
~ ~ ~

Artikel lainnya dari penulis:

– Jangan Batasi Diri, Lakukan Kreasi dan Temukan Hal Baru
(https://www.rancah.com/life-style/23220/jangan-batasi-diri-lakukan-kreasi-dan-temukan-hal-baru/)

– Nikmati Momen, dan Akses Kebahagiaan Sejati
(https://www.rancah.com/life-style/23894/nikmati-momen-dan-akses-kebahagiaan-sejati/)

– Jaga Keseimbangan, Jangan Tersandera Oleh Teknologi
(https://www.rancah.com/life-style/23924/jaga-keseimbangan-jangan-tersandera-oleh-teknologi/)

– Lika Liku Perjalanan Hidup Manusia
(https://www.rancah.com/life-style/24521/lika-liku-perjalanan-hidup-manusia/)

– Berhentilah Memunggungi Manusia
(https://www.rancah.com/pendidikan/24553/berhentilah-memunggungi-manusia/)

– Mendidik Diri adalah Amanat Semesta
(https://www.rancah.com/pendidikan/26311/mendidik-diri-adalah-amanat-semesta/)

– Buku Diri Adil Priyatama (1)
(https://www.rancah.com/the-story/27617/buku-diri-adil-priyatama-1/)

– Buku Diri Adil Priyatama (2)
(https://www.rancah.com/the-story/27620/buku-diri-adil-priyatama-2/)

– Resep Mie Goreng Jawa
(https://www.rancah.com/kuliner/27623/resep-mie-goreng-jawa/)

– Cara Mudah Menguasai Tenses
(https://www.rancah.com/pendidikan/27629/cara-mudah-menguasai-tenses/)

– Nafas Ilahi
(https://www.rancah.com/inspirasi/30264/nafas-ilahi/)
~ ~ ~

Bantu share tulisan ini ke teman-teman Anda.
Dengan berbagi kita peduli.

(Caranya mudah saja, tinggal klik tanda ikon sosial media yang ingin anda gunakan di samping atau di bawah halaman ini)