Bahagia Menjadi Diri Sendiri

Halo sobat. Salam semangat dan bahagia selalu. Pernahkah anda merasa sedih dan kecewa pada diri anda sendiri? Ya, pasti pernah. Kali ini saya akan membahas mengenai Bahagia Menjadi Diri Sendiri. Seperti biasa, penulis akan membagikan penyebab mengapa kita menjadi tak bahagia menjalani hidup berikut dengan tips-tips yang mungkin bermanfaat.

Nah, dibawah ini ada beberapa alasan mengapa kita tidak bahagia menjadi diri sendiri :

  1. Kurang bersyukur.

Nah, ini nih penyebab yang paling utama. Kita kurang bersyukur atas apa yang Tuhan berikan. Padahal nih, apa yang Tuhan berikan itu adalah yang terbaik untuk kita sendiri. Kita kurang menyadari bahwa apa yang kita miliki saat ini mungkin adalah hal yang sangat diinginkan orang lain. Kita terus-menerus menginginkan sesuatu yang lain. Padahal, jika kita mau introspeksi diri. Apa yang sebenarnya kita butuhkan sudah kita dapatkan. Ingat! Tuhan memberikan apa yang kita butuhkan bukan apa yang kita inginkan.

Nah, bagaimana tipsnya ? penulis akan coba menjelaskannya dalam ilustrasi berikut ini. Sebagai contoh, anda misalnya selalu berangkat kerja atau sekolah menggunakan bus. Hal ini membuat anda tak nyaman dan selalu merasa bahwa diri anda menyedihkan. Kita kurang bersyukur. Padahal, coba anda bayangkan jika anda tinggal di daerah pelosok. Apakah anda bisa menaiki bis? Tidak. Anda harus jalan kaki atau menyeberangi sungai yang jauhnya berkilo-kilometer. Dalam kasus ini anda sudah lebih beruntung lho.

Bersykurlah maka semuanya akan menjadi lebih mudah. Saat anda merasa sedih akan keadaan yang menimpa diri sendiri. Katakan pada diri anda kata-kata yang baik. Sebagai contoh, “Ya Allah. Terimakasih saya hari ini masih diberikan kesehatan sehingga bisa berangkat kerja dan memiliki akses untuk menggunakan transportasi umum seperti ini.” katakan hal itu walau sebenarnya anda sudah jengkel menunggu bis yang datangnya lama.

Jangan katakan hal yang buruk apalagi mengumpat. Hal itu akan membuat anda tidak bahagia dan merusak mood anda sendiri. Ingat! Bersyukur adalah jalan yang terbaik.

  1. Iri akan apa yang orang lain miliki.

Nah, iri memang adalah akar dari masalah anda. Iri ini juga disebabkan karena anda kurang bersyukur. Sebagi ilustrasi, anda kemana-mana jalan kaki sementara teman anda punya mobil yang mewah. Anda akan merasa iri. Kenapa? Sumber dari rasa iri adalah ketidakmampuan kita memiliki hal yang orang lain miliki.

Iri akan membuat anda tdak bahagia menjadi diri anda sendiri. Anda terus-terusan ingin menjadi seperti orang lain. Tanpa memedulikan apa yang sebenarnya sudah kita miliki.

Nah, bagaimana solusinya. Katakan hal yang baik, doakan orang yang buat kita iri. Jangan malah sebaliknya mengunjingnya. Saat kita lihat orang yang memakai mobil sementara  kita jalan, doakan orang itu dengan doa yang indah. Hal ini akan memotivasi diri kita dan juga membuat alam sadar kita merasa bahwa kita juga mampu melakukannya. Ingat! Doa baik akan kembali pada diri kita sendiri.

Jangan sekali-kali berkata buruk atau merendahkan diri. Saat kita merasa tidak bisa kita akan benar-benar menjadi tak bisa.

  1. Gengsi

Gengsi akan membuat kita tidak bahagia menjadi diri sendiri mengapa? Demi menjaga gengsi kita, kita rela mengubah diri kita sendiri. Sebagai contoh anda bukanlah orang yang memiliki banyak harta, bukan pula orang yang perduli merek. Namun, karena tuntutan pergaulan. Anda diharuskan memiliki barang-barang branded seperti yang teman-teman anda miliki.

Karena dituntut gensi itu sendiri, kita menjadi ikut-ikutan tanpa memerhatikan kondisi kita atau apa yang sebenarnya kita inginkan itu sendiri. Jadilah diri anda sendiri! Jangan mengikuti orang lain. Dan ingat! Gengsi bukan bagian dari harga diri.

Nah, teman-teman. Itu tadi yang dapat saya bagikan kali ini. Bahagialah menjadi diri anda sendiri. Jadi, orang lain tak semudah yang anda bayangkan. Berusaha menjadi orang lain adalah hal yang sia-sia. Tampak manis dipandang. Namun, pahit saat dirasakan.

Hal-hal diatas hanyalah sebuah hambatan yang memuat anda menjadi sedih. Apa yang harus kita lakukan pada hambatan? Singkirkan!

Lebih baik menjadi diri sendiri dan menjalani kehidupan yang kita miliki saat ini. Jangan selalu iri atau berusaha menjadi orang lain. Katakan pada dunia bahwa “Saya Bahagia Menjadi Diri Sendiri.” Lalu anda akan benar-benar bahagia. Jadilah diri anda sendiri jangan pedulikan kata orang lain.

Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat yang baik untuk anda. Salam ceria.