Tips dan Trik Menulis Sebuah Cerita yang Menghasilkan Uang

Hai! Para FITA.CARE. hari ini aku mau kasih tips and trik untuk kalian semua yang suka menulis suatu cerita di sosial media atau aplikasi lainnya seperti Wattpad atau Webtoon dan lain sebagainya, Sebelum lanjut ke tips and tric-nya aku akan kasih tau dulu bahwa setiap cerita memiliki genre nya masing-masing. Ada beberapa Genre, yaitu sebagai berikut;

  1. Teenlit, Genre ini berkisahkan tentang remaja sekolah dan segala kisah tentang dunia remaja, masalah yang ada didalam ceritanya pun nggak jauh-jauh dari cinta remaja, persahabatan atau pencarian jati diri. Contoh ceritanya yaitu Dua Rembulan.
  2. Chicklit, Genre ini berkisahkan tentang wanita dewasa modern, Genre Chicklit biasanya menceritakan wanita dewasa dengan segala masalahnya bisa tentang keluarga, percintaan, persahabatan, sampai karir. Dan yang harus kalian ketahui juga ketika ada kata dewasa pasti ada hal-hal yang berbau kedewasaan. Contoh Genre Chicklit yaitu, Single for The Summer- Mandy Baggot.
  3. MetroPop, hampir sama dengan Chicklit tapi di Genre MetroPop ini lebih menceritakan tentang hidup dikota besar dengan segala barang-barang branded-nya. Contoh Genre ini yaitu Stiletto, maaf aku lupa pengarangnya.
  4. Horor, Romance, Comedy, Poetry ( puisi), Drama, Humor, Adventur, Science Fiction ( Sci-Fi), Mistery, History, dan lain-lainnya. Contoh beberapa Genre,  Konpirasi Alam Semesta – Fiersa Basari, A Head Full of Ghosts – Paul Tremblay, Skripsick; Derita Mahasiswa Abadi – Chara Perdana, Hujan Bulan Juni – Rupi Kaur, Lampau – Sandy Firly.
  5. History Romance, biasanya Genre ini menceritakan kisah di abad sebelum 20. Konfliknya juga terkait budaya atau emansipasi dan tidak lupa juga diberi bumbu-bumbu kisah cinta. Conotohnya adalah  The Wallflower Series – Lisa Kleypas.
  6. Harlequin, huh sampai juga di Genre yang bikin deg-deg serrr kalau baca. Nah di Genre ini menceritakan kisah cinta romantis yang tidak bisa dipisahkan dengan bumbu-bumbu sensualitas yang bakal bikin gerah dan kipas-kipas. Salah satu contohnya adalah, Hate to Want You – Alisha Rai.

Naaaahhhhh….. now kita sampai di tips and tric menulis suatu cerita, tadi kita sempet bahas Genre dan sedikit penjelasannya serta contoh disetiap Genre nya. Sekarang aku aan kasih tau tips untuk memulai menulis suatu cerita. Sebelum menulis suatu cerita pastikan kalian tau ya, Genre apa yang akan kalian pilih. Jadi kita simpulkan seperti ini.

  1. Fikirkan kalian akan menulis cerita apa. Contoh covernya.
  2. Pastikan cerita kalian yang sudah ada di fikiran kalian sama dengan Genre yang kalian inginkan
  3. Tulislah ide apapun yang ada di pikiran kalian, apapun.
  4. Tuliskan masalah apa yang akan ada dicerita kalian.
  5. Jangan pikirkan apapun, ntah itu kalimat pertamanya atau endingnya bagaiamana. Please ketika kalian mulai menulis tuangkan saja kata-katanya biarkan sesuatu itu berjalan sebagaimana. Nanti cerita itu akan mengalir dengan sendirinya
  6. Finish hehe.

Sekian Tips and Tric dari aku, semoga bermanfaat untuk kalian yang sekrang baru belajar membuat cerita dan untuk kalian yang masih ragu memulai kalimatnya dari mana.

  “Yang menyebabkan kalimat pertama begitu sulit adalah karena Anda terpaku padanya. Semua yang lain akan mengalir dari kalimat itu”