Penulis Pro!! Inilah 5 Cara untuk Menjadi Penulis

rancah.com – Penulis adalah profesi yang sampai sekarang masih bisa dibilang membanggakan. Karena dengan menjadi penulis bukan hanya mendapatkan cuan akan tetapi kecerdasan kita dalam merangkai kata-kata juga bisa terlatih.

Otak kita juga akan menjadi encer dengan kata lain menjadi cerdas. Nah, tapi lo tau gak? ada beberapa hal yang harus lo perhatikan untuk menjadi penulis. Kalo lo udah ngelakuin semua hal ini. Lo bisa nih mencoba untuk menulis.

Apa aja caranya? Berikut gue udah merangkum menjadi 5 cara untuk lo yang mau menjadi penulis. Berikut diantaranya adalah

5 Cara untuk Menjadi Penulis

1. Senang Membaca

Kalo lo mau menjadi seorang penulis maka lo wajib senang membaca. Karena dengan banyak membaca nantinya ketika lo mulai menulis, lo akan lebih mudah untuk merangkai kata-kata lo sendiri.

Selain itu lo juga bisa banyak tau kosa kata baru dan nantinya lo bisa variasiin ke berbagai tulisan lo. Jadi pembaca lo gak akan bosen dengan tulisan dari lo dan itu bagus untuk seorang penulis.

2. Suka Menulis

Sudah pasti dong, namanya juga mau menjadi penulis. Ya lo harus suka dengan yang namanya menulis. Lo bisa mulai menulis diary lo misalkan. Atau kalo lo lebih suka berhayal, lo bisa bikin buku cerita pertama lo.

Ketika lo mulai menulis, ini akan bisa melatih kemampuan otak lo dalam hal merangkai kata-kata menjadi sebuah kalimat. Disinilah lo mulai mencoba menulis dan mencari ciri khas dari tulisan lo seperti gaya bahasa misalkan.

3. Mendapatkan Pendapat

Setelah lo selesai membuat karya tulis lo. Langkah selanjutnya adalah lo mencari pendapat dari orang lain. Agar mereka bisa mengomentari dan menilai tulisan lo. Ingat, lo harus paham mana yang mengomentari dan mana yang menghujat.

Agar lo juga gak mudah ngedown ketika karya lo dikatain atau diejek sama orang lain. Kalo mengomentari itu ada sisi positif dan negatif, kalo temen lo bilang cuma sisi positifnya berarti itu memuji, sedangkan sebaliknya berarti itu mengejek hehe.

4. Bereksperimen

Setelah salah satu tulisan lo di satu tema mulai banyak disukai orang-orang. Langkah selanjutnya adalah lo bereksperimen dengan tema yang lain. Lo jangan pernah takut untuk berksperimen.

Karena ini adalah salah satu cara lo untuk mengembangkan diri lo dan juga beradaptasi dengan hal baru.

5. Ulang Lagi

Lo ulangi lagi langkah nomor 4 ketika lo udah berhasil beradaptasi dengan tema yang lain. Nah, lo ulangi terus sampai lo menjadi seorang penulis yang professional. Baca Juga : 5 Novel Karya Raditya Dika

Itulah 5 Cara untuk lo menjadi seorang penulis profesional. Semoga setelah lo mengikuti langkah dari artikel yang gue buat ini. Lo bisa menjadi seorang penulis di masa depan nanti.

Jangan lupa baca artikel gue yang sebelum dan sesudahnya di profil penulis Riczky Pratama. Bagikan juga ke teman lo, sahabat lo atau mungkin doi lo (kalo punya). Agar mereka bisa menjadi seorang penulis. Segitu aja dari gue, sekian dan terima kasih