Dongeng Ayam Jantan Cerdas dan Rubah yang Licik

Rancah.com – Pada suatu hari di hutan yang lebat, ada kawanan Ayam yang sedang mencari makanan. Tak jauh beda dari hari-hari biasa kehidupan Ayam memang seperti ini. Ketika senja matahari mulai tenggelam seekor Ayam jantan mulai berkokok dan naik ke pepohonan yang rindang untuk bertengger dan beristirahat.

Ayam jantan pun lelah , karena seharin beraktivitas mencari makan. Ketika akan meletakkan kepalanya dibawah sayap, Ayam jantan melihat sesuatu bergerak. Terkejut, ternyata seekor Rubah. ” Hai ayam, ada kabar gembira untukmu” kata Rubah dengan nada tinggi dan bersemangat sambil menengadah menatap Ayam.

” Kabar apa yang kau bawa ?” jawab Ayam jantan dengan santai, akan tetapi sebenarnya Ayam jantan takut dan gugup dengan tingkah Rubah kawatir akan dimangsa olehnya.

” Keluargaku dan keluargamu telah sepakat untuk berdamai dan melupakan perbedaan dan keluarga hewan yang lainya juga ikut sepakat, mulai dari sekarang sampai seterusnya. Betul kan ini adalah kabar gembira, Aku sudah tak sabar ingin memeluk mu dan merayakan kabar gembira ini. Turun lah Ayam.” Ujar Rubah dengan penuh keyakinan mengelabuhi Ayam agar percaya.

“Wah benar – benar kabar gembira, saya senang mendengarnya” jawab Ayam jantan seraya mengangkat kaki seolah – olah nampak akan ada yang datang dari kejauhan.

“Coba lihat dari atas ada sepasang Anjing yang datang kemari , mungkin mereka juga mendengar kabar gembira ini” ujar Ayam jantan.

Akan tetapi tak lama Ayan jantan selesai bicara , Rubah bergegas meninggalkan tempatnya berlari sangat cepat.

“Tunggu Rubah” ujar Ayam jantan sambil berteriak dan berkata ” Bukankah sekarang Anjing juga temanmu”.

” Ya benar” jawab Rubah sambil lari dan dan berkata ” Tapi Anjing mungkin tak pernah mendengar kabar gembira itu, lagi pula saya ada urusan sangat penting” .

Ayam jantan pun tersenyum dan lega. Akhirnya berhasil mengelabuhi Rubah yang licik. Dan Ayam jantan kembali membenamkan kepalanya pada sayapnya dan tidur pulas menyongsong esok pagi.

Jadi dalam dongeng ini dapat kita ambil pelajaran yang sangat berharga yaitu janganlah menipu orang lain. Jadilah orang yang cerdik bukan orang yang licik. Kemudian apabila sekali menipu orang lain , maka seterusnya orang lain akan menganggap kita seorang penipu. Jadilah orang yang cerdik, agar dalam hidup tidak ada yang berani mengganggu, karena kecerdikan seseorang akan membuat mudah hidupnya. Semoga bermanfaat.