Jangan Minder, Inilah Tips Membangun Kepercayan Pada Diri Sendiri

foto: harveker.com

Rancah.com –¬†Kepercayaan dapat membantu mendekatkan kita dengan orang lain. Memercayai orang lain, seperti anggota keluarga dan teman, dapat meyakinkan kita bahwa kita akan dibantu ketika kita membutuhkannya. Ini adalah dasar dari hubungan yang sehat, termasuk hubungan yang Anda miliki dengan diri sendiri.

Membangun kepercayan diri sendiri tergantung pada diri Anda sendiri. Terkadang kita kehilangan kepercayaan pada diri sendiri setelah kita melakukan kesalahan atau setelah seseorang mengkritik kita dengan keras atau terus-menerus.

Mungkin terasa lebih sulit untuk membuat keputusan ketika Anda tidak bisa percaya diri karena Anda takut Anda akan membuat pilihan yang salah. Atau Anda mungkin lebih cenderung mengkritik keputusan Anda sendiri setelah Anda melakukan suatu tindakan.

Membangun kepercayaan pada diri sendiri dapat membantu meningkatkan keterampilan pengambilan keputusan dan rasa percaya diri Anda. Ini dapat membuat hidup terasa sedikit lebih mudah dan lebih menyenangkan.

Berikut ini beberapa tips untuk membantu Anda membangun kepercayaan diri:

  1. Jadilah diri sendiri

Jika Anda takut bagaimana orang lain akan memandang Anda atau menghakimi Anda, Anda mungkin merasa kesulitan berada di dekat orang lain. Bertingkah seperti orang yang berbeda dari siapa Anda sebenarnya adalah tanda bahwa Anda kurang percaya pada diri sendiri. Orang lain akan dapat merasakan itu.

Jadi, bagaimana Anda membangun kepercayaan yang cukup untuk menjadi diri sendiri di sekitar orang lain? Ketika Anda mulai merasa tidak aman di sekitar orang lain, ingatkan diri Anda bahwa biasa saja menjadi diri sendiri. Mulailah dengan berlatih di sekitar orang-orang yang Anda rasa paling nyaman, seperti teman dan keluarga dekat Anda.

Perhatikan jika Anda merasa tidak nyaman, maka tetaplah menghabiskan waktu bersama orang-orang ini sampai perasaan tidak aman Anda mulai menghilang. Setelah Anda dapat berada di sekitar orang lain, mereka akan memperlakukan Anda dengan lebih percaya. Ini bisa membantu Anda membangun kepercayaan pada diri sendiri.

  1. Tetapkan tujuan yang masuk akal

Seringkali, kita selalu memiliki tujuan yang tinggi. Alih-alih mencoba menyelesaikan proyek dalam dua minggu, kita harus mencoba melakukannya dalam satu minggu. Dan menetapkan tujuan kita yang tinggi bisa menjadi hal yang baik, karena itu memotivasi kita untuk bekerja keras untuk apa yang kita inginkan.

Sayangnya, menetapkan tujuan yang terlalu ambisius memiliki kelemahan besar. Ketika kita tidak bisa mencapai tujuan besar kita , kita akan merasa sangat gagal. Kegagalan sering kali dapat mengurangi kepercayaan diri dan kemampuan Anda untuk memercayai diri sendiri.

Alih-alih menetapkan satu tujuan besar, cobalah menetapkan banyak tujuan kecil yang menempatkan Anda ke arah tujuan besar Anda. Melakukan hal itu akan membuat tujuan besar Anda lebih realistis. Anda juga akan mendapatkan kepercayaan diri dan kepercayaan pada diri sendiri sambil mencapai tujuan yang lebih kecil dalam prosesnya.

  1. Berbaik hatilah pada diri sendiri

Anda mungkin pernah mendengar istilah “cinta tanpa syarat.” Mungkin telah disebutkan sehubungan dengan hubungan yang dimiliki orang tua dengan anak mereka, atau cinta yang ada di antara saudara kandung, teman, atau bahkan pasangan romantis. Tapi tahukah Anda bahwa sangat penting untuk mencintai diri sendiri tanpa syarat?

Mengasihi diri sendiri tanpa syarat berarti menyingkirkan pikiran negatif tentang diri Anda dan kritik diri apa pun setelah Anda melakukan kesalahan. Mulailah dengan memperhatikan suara batin Anda, dan bagaimana ia bereaksi terhadap tindakan Anda.

Apakah itu baik atau jahat? Apakah itu layak diterima atau perlu dikritisi? Ketika Anda bisa mencintai diri sendiri tanpa syarat, Anda bisa memercayai diri sendiri tanpa syarat. Dan itu sangat membantu dalam membangun kepercayaan diri.

  1. Bangun kekuatan dalam diri Anda!

Setiap orang lebih baik dalam beberapa hal dan lebih buruk dalam hal lain. Anda mungkin memiliki ide bagus tentang hal-hal apa yang Anda kuasai dan hal-hal apa yang tidak Anda lakukan dengan baik. Memercayai diri sendiri berarti mampu melakukan segala hal tanpa menilai diri sendiri terlalu keras.

Namun, jika Anda ingin membangun kepercayaan pada diri sendiri, akan sangat membantu untuk melakukan lebih banyak hal yang Anda kuasai dan mengurangi hal-hal yang tidak Anda kuasai. Jika Anda tidak yakin apa yang Anda kuasai, tanyakan orang-orang terdekat Anda.

Luangkan lebih banyak waktu untuk melakukan hal-hal itu dan membangun kepercayaan Anda mengetahui Anda akan unggul dalam hal-hal itu. Jadilah menerima kekuatan Anda, serta kelemahan Anda.

  1. Habiskan waktu dengan diri sendiri

Ketika Anda tidak percaya diri, Anda mungkin merasa tidak nyaman menghabiskan waktu di luar zona nyaman Anda. Anda mungkin mencoba untuk tetap sibuk sepanjang hari dengan terus-menerus terlibat dalam kegiatan atau memikirkan hal-hal kecil yang biasa Anda lakukan. Hentikan kebiasaan memalingkan muka dari diri sendiri dengan mencari ke dalam dengan sabar.

Anda dapat melihat dalam diri dengan melakukan meditasi. Cobalah duduk sendiri di tempat yang tenang selama 5 hingga 15 menit setiap hari. Perhatikan napas dan tubuh Anda. Ketika pikiran atau kritikan terhadap diri masuk, akui itu dan lepaskan. Menghabiskan waktu dengan diri sendiri dapat membangun kepercayaan diri Anda.

  1. Bersikaplah tegas

Kita kurang percaya pada diri kita sendiri ketika kita mempertanyakan tindakan atau keputusan kita. Kadang-kadang kita bahkan mempertanyakan siapa kita. Itu bisa menyakitkan.

Bangun kepercayaan pada diri sendiri dengan menghentikan kebiasaan mempertanyakan keputusan Anda. Jika suatu hari Anda membuat pilihan, tetaplah percaya akan itu. Bahkan jika ternyata itu bukan pilihan terbaik, tidak ada gunanya menyalahkan diri sendiri atas keputusan yang Anda buat.

Yang terbaik yang dapat Anda lakukan adalah belajar dari kesalahan Anda. Percayalah bahwa Anda akan membuat pilihan yang lebih baik di lain waktu, dan teruskan. Melakukan hal itu akan membantu Anda belajar untuk lebih memercayai diri sendiri dan keterampilan Anda dalam mengambil sebuah keputusan.