Bertambah Tinggi Diumur 21 Keatas, Benar Enggak Sih?

Bertambah Tinggi Diumur 21

Udah Dewasa, tapi Masih Pengen Tinggi?

Rancah.com – Tak sedikit orang yang menjadikan tinggi badan sebagai ukuran ideal untuk menopang kepercayaan diri seseorang. Pasalnya tinggi badan merupakan bentuk kepercayaan diri seseorang ketika berada dikancah sosial.

Namun tak sedikit yang terlambat menyadari tentang tumbuh kembang manusia, kapan perkembangan dan pertumbuhan itu terhenti. Hal ini yang menyebabkan banyak dari mereka yang rela menghabiskan nominal hanya untuk membeli suplemen peninggi badan yang diyakini benar-benar akan membantu mereka dalam mengatasi masalahnya

Perlu kita ketahui bahwa usia pertumbuhan dan perkembangan seseorang akan terhenti seiring berjalannya waktu. Perempuan akan berhenti mengalamai fase pertumbuhan di usia 16 tahun, adapula yang mengatakan diusia 21 tahun. Sedangkan laki-laki akan mengalaminya di usia 18 tahun, adapun yang mengatakan 24 tahun.

Jika melebihi dari batas umur yang telah ditentukan, maka seseorang tidak dapat mengalami pertambahan tinggi badan. Hal ini dikarenakan lempeng pertumbuhan yang ada pada tubuh manusia mengalami penutupan sehingga pertambahan tinggi badan tidak mungkin terjadi.

Namun sahabat sehat tidak perlu khawatir, meskipun kita tidak dapat mengalami pertambahan tinggi badan, maka kita masih bisa mempertahankan tinggi badan kita yang asli.

Tahukah teman teman bagaimana cara menghitung tinggi badan kita yang seharusnya ?

Berikut ini adalah rumus yang diberikan oleh Dr. Jeanne-Roos:

Anak perempuan : (TB Ayah – 13 cm) + TB Ibu)) :(2) = N +- 8,5 cm

Anak Laki laki : (TB Ayah + 13 cm) + TB Ibu)):(2) = N +- 8,5 cm

Tinggi badan akan menurun seiring bertambahnya usia, oleh sebab itu kita bisa mempertahankan tinggi badan kita dengan melakukan tips rutin dibawah ini:

1). Olahraga yang cukup

Olahraga tidak dapat menambah tinggi badan, namun ia bisa membantu membuka lempeng pertumbuhan sehingga bisa mempertahankan tinggi badan meski usia sudah bertambah seiring berjalannya waktu.

Selain itu olahraga juga dapat membuat kita percaya diri karena mempunyai proporsional tubuh yang ideal dan bagus. Selain tinggi badan, tubuh yang proposional dan tegap juga banyak diminati oleh kaum adam dan hawa.

2) Makanlah makanan yang bergizi

Makanan sangat mempengaruhi pertumbuhan, meskipun diusia yang sangat tidak muda lagi, makanan tetap menjadi prioritas untuk menjaga daya tahan tubuh dan bentuk tubuh ideal.

Gizi buruk akan menghambat pertumbuhan dan pperkembangan manusia, sehingga apabila menginginkan tubuh yang ideal, perlu diikuti dengan makan yang teratur dan bergizi

3) Konsumsi Vitamin terutama Vitamin D

Vitamin D juga sangat berperan penting untuk pertumbuhan, oleh sebab itu dianjurkan bagi kita untuk berjemur dipanas mentari pagi sekitar 30 menit untuk mengambil vitamin D langsung dari alam

4) Kalsium

Kalsium juga sangat berperan penting bagi pertumbuhan, konsumsi makanan/minuman yang mengandung kalsium seperti susu dll

Berikut adalah tips untuk mempertahankan tinggi badan ya Sahabat Sehat.

Jika menambah tinggi badan itu tidak mungkin, bukankah kita bisa mengembalikan tinggi badan kita normal seperti mana seharusnya.. Yuuuk dihitung dulu tinggi badan kita yang seharusnya berdasarkan rumus diatas. Setelah itu jangan lupa lakukan tips diatas ya untuk menunjang pertumbuhan sahabat sehat semua..

Semoga bermanfaat…Terima kasih πŸ™‚