Tips Hemat Mengurangi Biaya Berobat Ketika Anda Sakit

Rancah.com – Wabah Covid 19 melanda dunia dan korban menjadi berjatuhan. Tidak hanya korban akibat virus tapi juga akibat ekonomi yang semakin melilit.  Saat ini kondisi yang paling kita hindari adalah menjadi sakit. Selain berpotensi terkena virus Covid 19, sakit juga membuat ekonomi keluarga menjadi lebih sulit.

Walaupun kita sudah berusaha menghindar dari penyakit namun karena sesuatu hal kita masih saja terserang sakit.  Bagaimana caranya agar kita bisa menekan biaya berobat agar kita ekonomi keluarga kita tidak ikut-ikutan “sakit”.

Tekan Biaya Obat

Obat terkadang menjadi biaya terbesar ketika kita sedang berobat atau sakit.  Jika anda tidak beruntung biaya obat bisa berlipat kali biaya dokter.  Untuk itu anda harus mengetahui beberapa tips ini untuk menekan biaya obat.

Pertama, mintalah obat generik ketika dokter menuliskan resep, ini akan menekan biaya obat secara signifikan.  Mengapa demikian? Karena obat generik jauh lebih murah dibandingkan obat paten.  Biasanya obat generik sudah cukup bagus untuk mengobati penyakit anda.  Orang minta obat paten agar masa penyembuhannya relatif lebih cepat, karena obat paten adalah obat mutakhir atau hasil penemuan paling akhir.

Kedua, belilah obat “separo” dulu.  Ingat ini tidak bertujuan untuk menghemat tapi bertujuan untuk menghindari anda membeli obat yang tidak bisa anda konsumsi.  Mengapa demikian? Karena biasanya ada obat-obat yang menyebabkan seseorang terkena alergi.  Di Amerika orang lazim untuk meminta sample obat untuk meyakinkan kalau obat yang akan dia konsumsi tidak menimbulkan reaksi yang tidak diinginkan. Namun meminta sample obat bukanlah tradisi yang biasa di Indonesia. Makanya disarankan anda membeli obat separo dulu, ketika tidak ada alergi maka anda tetap harus membeli yang “separo” lagi.

Ketiga, minumlah obat secara disiplin sesuai dengan petunjuk dokter.  Jangan sampai anda menyalahi petunjuk atau tidak disiplin.  Jika anda harus makan obat 3 kali sehari maka anda harus ikuti itu.  Jika anda harus makan obat setelah makan maka sebaiknya anda makan terlebih dahulu sebelum meminum obat anda.  Ingat mengkonsumsi obat dengan mengabaikan petunjuk bisa berpotensi membuat anda lama sembuh atau bisa jadi menimbulkan penyakit baru.

Kunjungan Dokter

Selain biaya obat, pengeluaran yang lain ketika anda sakit adalah biaya dokter.  Untuk menekan biaya dokter anda juga bisa melakukan beberapa hal berikut.

Pertama, alih-alih pergi ke dokter spesial, sebaiknya anda berkunjung ke dokter umum terlebih dahulu.  Dan alih-alih anda mengunjungi rumah sakit swasta atau klinik, anda lebih baik datang ke Puskesmas terdekat dulu.  Ini akan menekan biaya dokter secara signifikan.  Apalagi Puskesmas biasanya memberikan obat-obatan generik.

Kedua,berilah informasi yang lengkap dan jujur kepada dokter anda ketika berkunjung.  Informasi yang lengkap dan jujur akan memudahkan dokter membuat diagnosa yang tepat untuk penyakit anda.  Ketidaklengkapan dan ketidakjujuran anda hanya akan membuat anda mengeluarkan biaya lagi karena harus kembali ke dokter.

Ketiga, jika anda memerlukan second opinion atau opini dokter lain, pastikan sebelum mengunjungi dokter itu anda masih bisa menggunakan X-ray atau hasil test-test lain di dokter sebelumnya.  Jika anda tidak diperbolehkan, sebaiknya anda mencari dokter lain.

Demikianlah beberapa tips untuk menekan pengeluaran ketika anda sedang sakit.  Semua tips di atas dengan asumsi anda tidak menggunakan fasilitas asuransi atau BPJS.  Dengan mengikuti saran-saran di atas diharapkan anda dapat sembuh tanpa stress memikirkan biaya berobat anda.