11 Tips Merawat Orang Tua Lansia di Rumah

Rancah.com – Peningkatan jumlah lansia merupakan kebanggaan tersendiri bagi negara Indonesia karena merupakan suatu sinyal pembangunan yang membuahkan hasil. Namun disisi lain dengan meningkatnya jumlah lansia  membawa konsekuensi yang tidak mudah. Banyak hal yang perlu diperhatikan mulai dari segi kesehatan, ekonomi, pembangunan bahkan kehidupan sosial.

Menurut data dari Badan Pusat Statistik bahwa Penduduk Lansia terus meningkat dari waktu ke waktu. Berdasarkan data yang diambil dari Badan Pusat Statistik bahwa penduduk lansia mengalami peningkatan 2 kali lipat dari sebelumnya yakni 8.79 persen (1871-2017) dimana lansia perempuan lebih mendominasi daripada lansia laki-laki.

Banyak hal yang perlu kita ketahui, bahwa dimasa lansia mereka akan mengalami penurunan fungsi organ. Kondisi fisik pada masa lansia sangatlah rentan untuk terinfeksi berbagai macam penyakit. Hal ini dikarenakan adanya penurunan daya tahan tubuh, sehingga untuk pola makan dan aktivitas fisik perlu dikontrol secara berkala.

Penurunan kondisi fisik atau fungsi organ yang dimaksud disini seperti berkurangnya pendengaran, kurangnya penglihatan, osteoporosis, nyeri sendi dll. Selain hal itu percepatan penuaan dan penurunan fungsi organ juga bergantung kepada pola hidup kita diusia muda. Oleh sebab itu ada  sebagian lansia yang dimasa tuanya masih kuat melakukan aktivitas fisik yang berat dikarenakan kebiasaan hidup yang sehat dimasa mudanya. Begitupun sebaliknya bagi lansia yang dimasa mudanya menerapkan pola hidup yang kurang sehat maka ia akan rentan untuk terinfeksi penyakit dan mengalami penurunan fungsi organ.

Selain itu dimasa lansia ini, seharusnya mereka mendapatkan perhatian yang lebih dari orang terdekat mereka. Hal ini disebabkan adanya tekanan didalam diri mereka sendiri yang diakibatkan oleh penurunan fungsi organ sehingga mereka merasa hidup mereka tidak berguna untuk orang yang berada disekitarnya bahkan hampir selalu merepotkan setiap kali akan melakukan suatu hal.

Keberadaan orang terdekat bagi lansia sangatlah diperlukan, karena dukungan sosial sangatlah membantu lansia untuk menjalani masa tua mereka dengan bahagia. Bukan itu saja, bahkan dimasa lansia ini mereka tidak akan memikirkan kondisi ekonomi melainkan akhir kehidupan dan kehidupan mereka yang baru yakni kematian.

Berbicara tentang lansia, erat kaitannya dengan kematian. Meskipun tidak harus menunggu tua, untuk merasakan kematian. Namun dimasa lansia  satu-satunya yang terlintas dibenak mereka adalah kematian. Karena tidak ada lagi yang bisa mereka lakukan selain menunggu ketentuan Sang Pencipta. Disinilah pentingnya peran kita sebagai anak muda bangsa untuk mensejahterakan para lansia, baik dari program pendampingan maupun program pemberdayaan lansia.

Tugas merawat lansia ini bukan hanya tugas perawat atau petugas panti jompo saja, karena di rumah juga ada orang tua kita yang membutuhkan pendampingan kita atau bahkan suatu saat kita adalah salah satu yang diberikan kesempatan untuk mengecap masa lansia ini. Oleh sebab itu perlakukanlah orangtua atau lansia yang ada sebaik mungkin, karena apa yang kita perbuat akan kita dapatkan.

Berikut adalah 11 tips untuk merawat lansia di rumah:

  1. Pastikan rumah yang ditempati ramah lansia (aman dari resiko terjatuh dan kecelakaan lainnya)
  2. Pantau kegiatan lansia secara berkala
  3. Lakukan pendampingan spiritualitas
  4. Bangun komunikasi yang baik
  5. Cari tahu ilmu tentang penyakit terutama yang rentan bagi lansia
  6. Pastikan makanan yang dikonsumsi bergizi dan aman bagi lansia
  7. Ketahui gejala depresi (dalam hal ini lansia sangat rentan untuk mengalami depresi, hal ini disebabkan penolakan terhadap penurunan fungsi organ)
  8. Perhatikan kebersihan lingkungan, tempat yang ditinggali serta makanan dan diri sendiri
  9. Pendampingan aktivitas fisik yang ringan (hal ini untuk melancarkan peredaran darah lansia)
  10. Cek secara berkala kesehatan lansia minimal sebulan sekali
  11. Dampingi lansia untuk tetap produktif untuk membunuh kebosanan seperti membuat kerajinan tangan dan hal-hal ringan yang dapat menghasilkan karya.

Berikut adalah tips untuk merawat lansia di rumah, apakah anda salah satunya sahabat sehat ?.

Semoga bermanfaat

Salam Sehat untuk Kita Semua

Terima kasih…..