Keajaiban Air Rebusan Jahe, Jeruk Nipis, dan Serai

Sumber Foto : Pinterest

Kebanyakan orang menyukai bahan alami yang mampu dijadikan sebagai obat atau bahan minuman berkhasiat. Kali ini kita akan melihat ajaibnya air rebusan berbahan jahe, jeruk nipis, dan batang sereh yang dipercaya mampu meningkatkan daya tahan tubuh, kebugaran tubuh, kehangatan, dan kesegaran.

  1. Jahe

Sumber Foto : Pinterest Jahe

Jahe merupakan bahan dasar ramuan yang mudah ditemui di lingkungan berbagai kalangan dengan banyak manfaat yang tercipta. Berdasarkan hasil studi yang diterbitkan dalam The Journal of Pain menemukan mengonsumsi sedikit jahe setiap hari dapat membantu menjaga peradangan tetap rendah dan juga bisa membantu meringankan nyeri otot dari cedera yang disebabkan oleh olahraga.

Jahe mengandung senyawa gingerol yang bekerja dengan cara menghambat pembentukan sitokin inflamasi (membantu menjaga peradangan), selain itu jahe juga memiliki komponen pedas yang dikenal sebagai oleoresin memiliki efek anti inflamasi terkuat yang mampu melawan peradangan.

Jahe juga memiliki kandungan yang sama efektifnya dengan ibuprofen dalam menghilangkan rasa sakit pada wanita dengan dismenore primer. Bagi wanita yang terasa menderita pada saat periode haid yang sangat menyakitkan, ada baiknya bila menambahkan jahe pada minuman yang anda konsumsi.

Akar jahe juga bisa digunakan untuk mengurangi rasa mabuk perjalanan, muntah, pusing, mual, dan sebagainya dan mengobati rasa mual dan muntah yang berhubungan dengan penyakit kehamilan ringan. Namun sebelum mengonsumsinya, disarankan untuk bertanyaa terlebih dahulu kepada dokter umum atau bidan terkait untuk memastikan bahwa hal tersebut sesuai untuk untuk dikonsumsi.

  1. Jeruk Nipis

Sumber Foto : Pinterest Jeruk Nipis

Jeruk yang memiliki nama latin Citrus aurantifolia ini ternyata memiliki banyak nama cantik di berbagai daerah di Indonesia. Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang manfaat dari jeruk nipis, kita perlu mengetahui kandungan nutrisi baik pada jeruk nipis.

Berdasarkan Data Kemenkes RI, dalam 100 gram jeruk nipis mengandung berbagai jenis nutrisi, meliputi makronutrien, mineral, serta vitamin dan antioksidan.

Jeruk nipis yang memiliki banyak kandungan vitamin C mampu menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu tubuh melawan penyakit, seperti flu, pilek, dan lain sebagainya.

Selain itu, jeruk nipis juga ampuh dalam menjaga atau menontrol kadar gula darah pada tubuh yang sangat bermanfaat bagi penderita diabetes, sehingga kadar gula pada tubuh dapat terjaga dengan baik.

Kemudian, manfaat minum air jeruk nipis juga diyakini dapat menurunkan risiko terkena kanker. Hal ini dikarenakan pada jeruk nipis terdapat kandungan antioksidan yang dapat membantu penjagaan fungsi sel, meningkatkan sistem pertahanan sel-sel tubuh dari radikal bebas, dan meningkatkan sistem imun.

  1. Serai

Sumber Foto : Pinterest Serai

Serai merupakan tanaman yang tidak asing di telinga. Banyak sekali manfaat yang ditemukan pada tanaman serai ini. Kebanyakan orang menggunakan serai sebagai tambahan dalam pembuatan masakan dengan aroma yang unik dan rasa yang lezat. Serai tidak hanya bermanfaat sebagai tambahan bahan penyedap masakan. Ternyata, serai juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Serai membantu mengatasi gangguan pencernaan, seperti sakit perut, masuk angin, kram usus dan juga diare. Serai juga mampu membantu mengurangi gas yang terdapat pada usus sekaligus mencegah terjadinya pembentukan gas lebih lanjut. Selain itu, serai juga memiliki sifat detoksifikasi tubuh dengan meningkatkan jumlah dan frekuensi buang air kecil. Serai juga sangat efektif dalam ngurangi tekanan darah, merangsang sirkulasi darah dan menghilangkan masalah tekanan darah.

Manfaat dari masing-masing bahan sangat beranekaragam dan berguna bagi tubuh. Dengan keanekaragaman manfaat yang dibawa oleh tiap bahan sangat mampu membius anda untuk terus meningkatkan kesehatan tubuh dengan ramuan berbahan ajaib seperti di atas.