Hidup Sehat Ala Santri

Hidup Sehat Ala Santri

Foto: Rancah

Rancah.com – Sehat ala santri sangat sering dibicarakan saat ini. Pasalnya berita yang sering bermunculan atau terdengar oleh sebagian besar masyarakat adalah kehidupan santri yang tak jauh dari kata sakit dan keluhan-keluhan lainnya.

Bukan tanpa sebab hal itu terjadi. Pasalnya ada beberapa pondok termasuk yang sudah memiliki fasilitas lengkap pun masih sering mengalami hal ini.

Lalu hal apa saja yang menjadi pemicu terjadinya hal tersebut ? Bukankah beberapa pesantren sudah menerapkan pola hidup sehat sebagaimana yang telah dianjurkan oleh petugas kesehatan pada saat mengadakan penyuluhan kesehatan.

Bagaimanapun, berbicara tentang pola hidup sehat artinya kita berbicara tentang individualisme. Kenapa bisa begitu ? Pasalnya hal ini berawal dari kesadaran individu masing masing kemudian yang akan berpengaruh pada lingkungan sekitar.

Ada atau tidaknya edukasi tentang pola hidup sehat hanyalah sebagai sarana atau fasilititator saja untuk menunjang kehidupan yang lebih baik. Namun apabila hal ini tidak didasari oleh kesadaran dari masing-masing individu dan adanya dukungan dari semua penghuni pesantren, maka sesering apapun dilakukan penyuluhan kesehatan dan lengkapnya fasilitas kesehatan tidak terlalu mendapatkan hasil yang memuaskan.

Hal ini berkaitan erat dengan karakter seseorang, apabila ia menerapkan pola hidup sehat kemudian telah mendarah daging pada dirinya masih-masing akan sangat membantu sekali terjadinya pola hidup sehat. Dan karakter inilah yang akan memberikan pengaruh yang besar terhadap lingkungan sehingga tercipta sepertimana yang diinginkan.

Oleh sebab itu, mengarahkan karakter santri perihal keagamaan itu sudah seharusnya, ditambah lagi adanya pelatihan skill untuk menyiapkan bekal para santri sehingga siap terjun ke dunia kerja, namun membentuk karakter santri yang peduli terhadap kesehatan juga tidak kalah penting. Pasalnya semuanya tidak akan ada nilainya tanpa fisik yang kuat.

Oleh sebab itu, keagamaan, skill dan kesehatan harus selalu berbanding lurus demi tercapainya visi dan misi setiap pondok pesantren. Terlepas adanya perbedaan dari visi dan misi dari masing-masing pesantren. Namun ketiga hal ini tidak boleh diabaikan ataupun tertinggal salah satunya karena hal ini saling berkaitan dan melengkapi satu sama lain.

Berikut adalah tips “Hidup Sehat Ala Santri”:

  1. Tumbuhkan kesadaran diri tentang pentingnya hidup sehat
  2. Jadikan pola hidup sehat menjadi bagian terpenting dan mendarah daging dalam diri (Build the character)
  3. Terapkan PHBS sesuai dengan lingkungan yang dimaksud
  4. Pengaruhi lingkungan agar melakukan hal yang sama demi terciptanya lingkungan yang sehat
  5. Kenali gejala-gejala penyakit yang biasa muncul dikalangan lingkungan santri
  6. Edukasi diri tentang penyakit yang sering muncul. Hal ini bertujuan memudahkan diri untuk melakukan pertolongan pertama pada diri maupun orang lain
  7. Bangun posko kesehatan di setiap pondok pesantren (wajib)
  8. Bangun hubungan yang baik dengan salah satu instansi kesehatan seperti puskesmas terdekat atau klinik bahkan rumah sakit untuk memudahkan penanganan apabila terjadi sesuatu diluar dugaan (dalam artian sudah tidak dapat ditangani bagian posko kesehatan yang ada di pesantren)
  9. Selalu lengkapi sarana prasaranan kesehatan di posko kesehatan
  10. Lakukan deteksi dini terhadap semua santri untuk mengetahui riwayat penyakit yang pernah diderita sebelum masuk ke pesantren. Untuk memudahkan staff dan pengurus menangani apabila terjadi hal yang tak diinginkan (semacam rekam medis khusus santri yang tinggal dipesantren)
  11. Setiap santri yang mendapatkan pertolongan oleh posko kesehatan semestinya sudah mempunyai rekam medis, sehingga apabila ada kejadian berulang maka akan lebih mudah ditangani oleh bagian petugas kesehatan yang ada di pesantren
  12. Pastikan pola hidup sehat sudah diterapkan seperti olahraga rutin, makanan bergizi, cek kesehatan secara berkala, dan lingkungan hidup yang sehat mulai dari tidur sampai tidur lagi.

Sekian tips yang dapat penulis berikan, semoga bermanfaat ya Sahabat Sehat..

Terima Kasih…