Tips Konsumsi Kopi Agar Lebih Nyaman di Perut

cara agar kopi nyaman di perut

Sumber Foto : Pinterest

Rancah.com – Bicara tentang kopi, kini banyak sekali kedai kopi kekinian yang sudah dimodifikasi cita rasanya sehingga memunculkan daya tarik bagi para muda-mudi atau bahkan berbagai jenjang usia untuk mengonsumsinya dikarenakan kemasan yang unik, cita rasa yang lezat, dan lain sebagainya. Kembali pada kopi hitam yang masih menjadi trend pula dengan aroma yang khas dan menggugah selera para pecinta kopi. Di sisi lain, kopi sering kali menjadi sorotan masyarakat sebagai minuman yang dapat memicu permasalahan pada perut atau menimbulkan rasa yang kurang nyaman. Padahal, terdapat tips agar kopi bisa lebih nyaman dikonsumsi.

Menurut ahli Gastroenterologi dan penulis Fiber Fueled Will Bulsiewicz MD, kopi sendiri bukan suat permasalahannya, akan tetapi, sampah (bahan tambahan tak sehat) yang kita tambahkan ke dalamnya”, seperti dilansir Well+Good.

Biasanya, kebanyakan orang menambahkan krim atau gula pada kopi hitam asli yang sebenarnya kurang menyehatkan dikarenakan terdapat tambahan kandungan gula. Padahal, mengonsumsi kopi tanpa menambahkan gula juga dapat mengurangi kemungkinan terjangkitnya penyakit jantung dan peradangan, sehingga menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Menurut Dr Bulsiewicz, kopi juga baik untuk otak karena memiliki zat yang kaya akan antioksidan. Selain itu, terdapat juga kandungan polifenol dalam kopi yang juga berfungsi sebagai prebiotik untuk makanan bakteri-bakteri baik di dalam usus. Selain itu, tidak banyak pula orang yang menjadikan kopi sebagai pencegahan depresi. Penelitian juga telah membuktikan bahwa mengonsumsi kopi mampu menurunkan risiko stroke sebesar 20%.

Mengonsumsi kopi tanpa campuran tambahan (seperti gula atau creamer) dapat menjaga gula darah agar tetap sehat dan baik. Jika kebanyakan menggunakan gula sebagai pemanis, maka sorbitol dalam tubuh akan sulit dicerna yang berarti bahwa jadi tidak akan menyebabkan naiknya kadar gula darah pada tubuh. Akan tetapi, hal tersebut malah akan berdampak pada sistem pencernaan dan menyebabkan perut penuh dengan gas. Maka dari itu, kebanyakan orang akan merasa tidak nyaman ketika beberapa saat setelah mengonsumsi kopi. Perut memang akan terasa seperti digelumuri oleh gas sehingga membuat perut terasa gembung.

Oleh karena itu, baik mengonsumsi kopi dengan mengetahui kadar dan campuran yang dicampurkan pada olahan minuman kopi tersebut. Bahan apapun akan membuat cita rasa semakin lezat dan beraroma, tetapi jangan mudah tergiur dan buat kopi menjadi suatu minuman yang sehat dikonsumsi dan nyaman di perut.