Jamur Lingzhi, Si Raja Herbal

Jamur Lingzhi

Pernahkah mendengar nama Jamur Lingzhi?

Jamur yang memiliki nama Latin Ganoderma lucidum memiliki banyak manfaat dan telah digunakan oleh masyarakat Tiongkok, Jepang, Korea dan negara asia Timur lain nya sebagai obat herbal.Bahkan, jamur Lingzhi sudah dimanfaatkan untuk tujuan kesehatan sejak 2000 tahun lalu. Tidak heran jika jamur Lingzhi tercatat sebagai jamur herbal tertua di dunia.

Kandungan seperti karbohidrat, lemak, serat, air, protein, serta vitamin dan mineral seperti kalium, kalsium, zat besi, zinc, fosfor, selenium, dan magnesium. Kandungan lain yang merupakan molekul bioaktif dalam jamur yang memiliki nama lain Reishi ini adalah polisakarida, peptidoglikan, dan triterpenoid menjadikan jamur Lingzhi sebagai raja herbal.

Jamur yang banyak tumbuh di badan kayu yang sudah mati ini pun dianggap sebagai obat Anti kanker, Menurunkan kadar lemak dan gula darah, Membantu mengatasi tekanan darah tinggi, Menjaga kesehatan saluran cerna dan hati,Antipenuaan dsb nya.

Walaupun memiliki banyak manfaat tetapi ada baik nya jika jamur Lingzhi ini tidak di konsumsi oleh ibu hamil atau menyusui, orang yang memiliki kelainan darah, menderita tekanan darah rendah, atau akan menjalani operasi.

Jamur Lingzhi tidak disarankan menjadi obat utama dalam proses penyembuhan penyakit karena masih banyak hal yang perlu di kaji dan diteliti terhadapat kandungan dan bahaya jamur Lingzhi yang belum diketahui.

Ada baik nya jika penggunaan obat Lingzhi dilakukan dengan melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Jamur Lingzhi juga memiliki berbagai jenis dan warna yang berbeda dengan kandungan dan kegunaan yang berbeda juga sehingga sebaik nya terlebih dahulu dikenali baik baik sebelum di gunakan.