Tips Makan Gorengan Supaya Tetap Langsing

Rancah.com – Gorengan atau makanan yang digoreng, mengandung banyak lemak, kalori dan garam. Mengonsumsi gorengan dalam jumlah berlebihan, dikaitkan dengan beberapa penyakit, seperti jantung, hipertensi, kolesterol hingga obesitas. Berkaitan obesitas, buat kalian yang sedang berjuang untuk menurunkan berat badan, tentu konsumsi gorengan tidak disarankan. Ada cara tau tips agar kita tetap bisa mengonsumsi gorengan tapi berat badan tetap terkontrol.

Mengonsumsi gorengan saat sedang melakukan program diet boleh – boleh saja, asalkan kalian tahu tips atau caranya. Ada dua tipe orang yang menjalani diet, yaitu ada yang bisa berhenti total menghindari kebiasaan buruk, tapi ada juga yang perlahan dengan mengurangi frekuensi atau jumlahnya.

Baca Juga :   Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan Tubuhmu

Jika kalian termasuk orang yang tidak bisa menghilangkan kebiasaan untuk tidak makan gorengan, kalian bisa melakukan diet dengan cara gradual, atau mengurangi jumlah yang kalian makan. MetodeĀ gradual juga bisa dilakukan dengan perlahan menguranginya. Jika biasa setiap hari makan gorengan, maka dituruni frekuensinya menjadi 3 atau 4 kali dalam seminggu mengonsumsinya.

Selain metode gradual, terdapat juga cara lain dalam mengatasinya. Konsumsi gorengan juga boleh dilakukan setiap hari. Namun, setelah makan gorengan tersebut dianjurkan juga mengonsumsi air perasan jeruk nipis sebanyak 3 buah. Mengonsumsi air perasan jeruk nipis dapat dilakukan setelah kalian makan gorengan tersebut. Karena jeruk nipis mengandung daya serap lemak aktif dan juga vitamin C yang tinggi, sehingga daya tahan tubuh tetap terjaga. Selain itu, perbanyaklah minum air putih ketika kalian mengonsumsi gorengan. Karena gorengan mengandung lemak dan kalori yang tinggi, sehingga dibutuhkan zat aktif untuk menyerapnya. Dapat juga melakukan olahraga rutin setelah mengonsumsi gorengan, sehingga lemak dan kalori yang ada pada gorengan dapat diubah menjadi energi buat tubuh kita.

Baca Juga :   Beginilah Cara Memakai Masker Hidung yang Benar

Tidak ada yang menolak kelezatan gorengan, bahkan ada orang – orang yang tidak bisa seharipun tanpa mengonsumsi makanan berminyak. Gorengan juga merupakan salah satu jajanan khas yang menjadi favorit masyarakat Indonesia. Menyantap satu buah gorengan sama dengan dua lembar roti gandum, artinya kandungan lemak dan kalori dalam 1 gorengan itu lebih tinggi dari pada 2 lembar roti gandum. Oleh karena itu, mengonsumsi gorengan terlalu banyak terlebih lagi dilakukan pada saat keadaan perut kosong, tidaklah dianjurkan karena menyantap gorengan terus – menerus mampu menimbun lemak di dalam tubuh. Satu gorengan kalorinya berbeda – beda, bisa 100 sampai 200 kalori per buahnya.