Cara Mendapatkan Tidur Berkualitas Dari Malam Ini

Rancah.com – Siapa yang tidak suka tidur?, mungkin hanya orang-orang yang susah tidur bahkan yang tidak mendapat manfaat dari tidur yang mereka lakukan. Seperti yang kita ketahui tidur memang penting bagi kesehatan tubuh kita, tidur sebagai sarana untuk mengistirahatkan tubuh setelah seharian menggeluti urusan serta kerjaan.

Menurut penelitian organisasi kesehatan dunia (WHO) menyatakan bahwa kapasitas tidur orang yang sehat itu meliputi 7-8 jam dalam sehari. Bagaimana kita dapat memenuhinya jika tidur yang kita lakukan dapat dikatakan tidak memenuhi batas kualitas yang ditentukan.

Oleh karena itu admin disini terdorong untuk membagi kepada sahabat sekalian beberapa trik, tips, serta langkah-langkah yang benar agar mendapat kualitas tidur yang memenuhi ketentuan WHO.

Oke, tanpa berpanjang lebar lagi berikut adalah tips, cara mendapat kualitas tidur yang berkualitas serta sehat, let’s go…

  1.    Jangan Konsumsi kafein dan alkohol sebelum tidur
Baca Juga :   Lakukan ini Agar Anak Aktif dan Cerdas

Semua sudah tahu bahwa minuman yang mengandung kafein alih-alih membuat mata mengantuk, malah akan membuat mata semakin kuat terjaga dan tidur anda semakin tidak berkualitas.

Tapi jangan khawatir, anda bisa mengganti kebiasaan buruk tersebut dengan memilih mengkonsumsi minuman hangat seperti susu, yougurt, atau cemilan-cemilan yang bersifat ringan.

  1. Matikan Lampu Sebelum Tidur

Tidur dengan lampu yang redup atau sekaligus dimatikan efisien membuat mata terasa mengantuk dan tidurpun dapat menjadi lebih nyenyak dan pastinya berkualitas.

Namun bagi anda yang takut dengan kegelapan mungkin anda bisa memanfaatkan lampu yang sedikit redup agar mata anda tidak terlalu banyak menangkap cahaya.

  1. Makan Berat 4 Jam Sebelum Tidur

Makan berat beberapa saat sebelum tidur menyebabkan makanan yang dimakan belum sempat tercerna secara sempurna yang mengakibatkan rasa tidak nyaman pada perut dan otomatis mengganggu tidur anda.

Baca Juga :   Masker Wajah Ampuh Bikin Glowing Permanen

Makanlah minimal 4 jam sebelum tidur, karena menurut penelitian, waktu tersebut kemungkinan besar pencernaan telah bekerja secara sempurna, sehingga perut terasa tenang dan tidur lebih terasa nyaman.

  1. Mendengar Musik Berirama Sendu

Hal ini paling banyak dilakukan orang, khususnya di khalayak muda, pilihlah musik atau lagu yang berirama lembut, praktis membuat mata anda lebih cepat mengantuk.

Suatu penelitian berpendapat bahwa mendengarkan musik dengan irama yang lambat sekitar 60-80 bit dapat mempengaruhi kualitas tidurmu semakin baik.

  1. Mandi Dengan Air Hangat Sebelum Tidur

Hal ini bisa anda lakukan setiap malam, mandi menggunakan air hangat menyebabkan tubuh menjadi fresh serta segar, tubuh yang hangat disertai terpaan angin malam yang dingin praktis membuat mata anda semakin mengantuk.

Baca Juga :   Apa Sih Aids Itu?

Tidur anda semakin berkualitas dikarenakan tubuh anda yang masih fresh dan segar ditambah mata anda yang dari tadi telah mengantuk, anda bisa lakukan hal ini 1 jam sebelum tidur agar mendapat hasil yang memuaskan.

Oke, kurang lebih itulah tips mudah untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik dan sehat, sebenarnya masih banyak lagi tips dan cara untuk menghasilkan hal tersebut, tapi yang admin rangkum disini adalah tips yang menurut admin mudah dilakukan dan semua orang dapat melakukannya.

Semoga artikel yang singkat  ini dapat bermanfaat bagi kita semua, dan menjadi bahan pemikiran bagi kita untuk senantiasa menjaga kesehatan, karena sekali lagi saya sampaikan bahwa kesehatan adalah kunci kebahagian hidup.