Cara Mengobati Batuk Kering Dan Berdahak Dengan Rempah Tradisional, Murah Tapi Manjur

Rancah.com – Batuk merupakan gangguan kecil yang sering kita alami, walaupun kecil kalau dibiarkan, batuk bisa menjadi monster yang sangat mematikan. Dan yang paling dibenci dimana penyakit ini datang tanpa memperhatikan situasi dan kondisi, semisal ketika kita mengadakan rapat, dan tiba-tiba monster kecil ini datang, mungkin rapat akan terganggu atau bahkan kita yang menanggung malu.

Oleh karena itu admin disini terdorong untuk membagi kepada sahabat sekalian beberapa trik, tips, serta langkah-langkah yang benar untuk menjauhkan diri dari monster kecil ini secara praktis dan sederhana.

Oke, tanpa berpanjang lebar lagi berikut adalah tips dan cara sederhana memelihara diri dari serangan batuk…

1. Berkumur Dengan Air Garam

Ini merupakan salah satu cara ampuh tradisional orang dulu-dulu, dikarenakan garam dikenal baik kandungannya. Caranya dengan mencampurkan garam secukupnya dengan satu gelas air hangat. Cara ini ampuh untuk meringankan batuk, membersihkan dahak, serta meringankan sakit tenggorokan. Pastikan disaat berkumur angkat muka anda ke atas, sekira-kira cairan garam menyentuh tenggorokan, hal ini bisa dilakukan beberapa kali sehari.

Baca Juga :   Tanaman Ini Harganya Mahal! Bisa Tangkal Berbagai Penyakit, Benarkah?

2. Jahe Dan Madu

Tak perlu disangkal lagi, kedua benda tersebut sudah sangat dikenal khasiatnya bagi kesehatan, dikarenakan terkandung banyak manfaat didalamnya. Caranya dengan merebus jahe yang sudah dibersihkan, lalu air rebusan tadi diminum. dan untuk memaksimalkan manfaat, anda bisa menambahkan madu, selain untuk menambah kesan manis, madu juga dipercaya memiliki sifat antiradang dan antibakteri yang mana radang dan bakteri adalah salah satu penyebab timbulnya batuk.

3. Jeruk Nipis Dan Kecap

Cara ini juga telah dikenal masyarakat luas sebagai tips meringankan penyakit batuk, caranya dengan memeras jeruk nipis diatas sendok dan langsung meminumnya seperti obat pada umumnya, kandungan jeruk nipis berupa minyak atsiri dapat mengatasi suara serak akibat batuk. Sama halnya dengan madu, kecap digunakan sebagai pemanis bagi orang yang tidak tahan meminum perasan jeruk nipis secara langsung. Hal ini bisa anda lakukan beberapa kali sehari.

Baca Juga :   Penyebab dan Cara Mengobati Sakit Mata Pada Kucing Anda

4. Perbanyak Minum Air Putih

Bagi yang tidak mempunyai bahan-bahan diatas mungkin alternatif mudah ini bisa dilakukan, dikarenakan biasanya batuk ringan disebabkan oleh keringnya saluran tenggorokan, oleh sebab itu sering-seringlah basahi tenggorokan anda dengan air putih bersuhu normal.

5. Kurangi Makan/Minum Es

Nasehat ini seringkali dilontarkan oleh orang tua kepada anaknya disaat sang anak sudah banyak mengkonsumsi es karena orang tua khawatir sang anak akan terkena batuk dan flu karena kebanyakan mengkonsumsi es, dan ternyata anjuran dan nasehat tersebut tidak tepat. Seperti yang disepakati oleh beberapa dokter spesialis batuk bahwa tidak ada korelasi langsung antara mengkonsumsi es dengan batuk dan pilek, mereka mengutarakan bahwa mengkonsumsi es hanya akan memperparah kondisi jika seseorang telah terkena batuk dan pilek.

Baca Juga :   Mengapa Kita Mudah Marah? Ini Penjelasannya

Dari keterangan para dokter diatas dapat kita ambil kesimpulan bahwa mengkonsumsi es hanya akan memperparah kondisi bagi orang yang sudah terkena batuk, bukan menyebabkan seseorang terkena penyakit batuk. Tapi memang, mengkonsumsi es terlalu banyak juga tidak baik bagi kesehatan. So, konsumsilah sesuatu yang suhunya normal, tidak terlalu panas, dan tidak terlalu dingin.

 

Oke, kurang lebih itulah tips mudah dalam menjaga diri dari serangan batuk, sebenarnya masih banyak lagi tips dan cara untuk menjaga dari serangan kecil ini, tapi yang admin rangkum disini adalah tips yang menurut admin mudah dilakukan dan semua orang dapat melakukannya.

Semoga artikel yang singkat  ini dapat bermanfaat bagi kita semua, dan menjadi bahan pemikiran bagi kita untuk senantiasa menjaga kesehatan, karena sekali lagi saya sampaikan bahwa kesehatan adalah kunci kebahagian hidup.

Semoga Tuhan selalu memberi kita kesehatan, Amiin.