Cara Alami Menghilangkan Jerawat Secara Mudah, Cepat dan Ampuh

Rancah.com – Setiap orang pasti ingin memiliki kulit wajah yang bersih, sehat dan terawat. Namun “jerawat” adalah masalah utama yang paling sering dialami baik itu pria maupun wanita. Masalah kulit yang satu ini dapat menjadi problem yang sangat serius karena dapat berakibat pada berkurangnya rasa percaya diri seseorang.

Bayangkan saja, jika kulit wajah anda tumbuh jerawat yang sangat banyak, dan apalagi itu adalah jerawat batu yang sangat besar. Tentunya itu akan mengganggu penampilan anda, dan akan menurunkan rasa percaya diri bukan?. Lantas, adakah cara menghilangkan jerawat secara alami dalam waktu singkat tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar?

Tentu saja ada, cara alami adalah solusi bagi anda yang memiliki kulit berjerawat dan sensitif. selain tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal. Cara ini juga dapat anda lakukan sendiri dirumah dan anda bisa melakukannya kapan saja tanpa mengganggu waktu yang anda miliki. Dengan bahan-bahan yang sangat mudah untuk anda temukan bahkan bisa anda tanam sendiri dirumah.

Baca Juga :   Bagaimana Cara Mengatasi Serangan Angin Duduk?

penyebab jerawat 

Sebelum pembahasan lebih lanjut, anda perlu memahami faktor yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat pada kulit anda. ada beberapa faktor umum yang menyebabkan jerawat terjadi :

  • Perubahan hormon
  • Masa pubertas
  • Penumpukan sel kulit mati
  • Perawatan kulit yang salah
  • Faktor keturunan
  • Stres
  • Paparan debu dan polusi, dan lainnya

Mengingat ada banyak faktor penyebab munculnya jerawat. untuk itu, berikut cara untuk menghilangkan jerawat pada kulit sensitif maupun normal secara alami :

Cara menghilangkan jerawat

  1. Jeruk nipis dan kunyit

Jeruk nipis memiliki antioksidan yang dapat meredam peradangan pada kulit wajah hingga menyebabkan jerawat. Dan curcuminoid pada kunyit dapat meringankan kondisi kulit ketika muncul jerawat. Sehingga perpaduan antara kedua bahan tersebut dipercaya paling ampuh dalam membasmi jerawat hingga bekasnya.

Siapkan alat dan bahan berikut ini :

  • air perasan jeruk nipis
  • air parutan kunyit alami
  • wadah masker
Baca Juga :   Kenali Masalah Jerawatmu dan Cara Menanganinya

Anda ambil satu sendok makan air perasan jeruk nipis dan satu sendok makan air parutan kunyit alami kedalam satu wadah, lalu aduk hingga semuanya tercampur, dan aplikasikan pada wajah seperti masker. Diamkan selama 20-30 menit setelah itu bilas wajah dengan air bersih. Gunakan secara rutin satu kali sehari sampai jerat mulai menghilang.

      2. Madu dan alpukat

Gunakan satu sendok makan madu dan daging buah alpukat. lalu, aplikasikan pada wajah. Diamkan selama 30-45 menit setelah itu bilas dengan air bersih. lakukan secara rutin samapai jerawat menghilang.

Alpukat yang dipercaya memiliki kandungan vitamin E dapat meredakan inflasi yang menyebabkan jerawat. Selain itu, madu yang kaya akan antioksidan juga baik untuk menghilangkan bakteri . Sehingga, perpaduan dari kedua bahan ini tentu dapat menghilangkan jerawat dan bekasnya secara permanen.

      3. Tomat

Baca Juga :   Makan Buah yang Tepat Bisa Mencegah Kanker

Tomat kaya akan vitamin C. Sehigga penggunaan masker tomat sangat ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat yang terkadang sulit di hilangkan. gunakan secara rutin setiap hari untuk hasil yang maksimal.

4. Lidah buaya

Lidah buaya bahan alami yang memiliki polifenol yang bersifat antibakteri. Sehingga dipercaya dapat menghilangkan jerawat dan bekasnya.

  5. Pisang dan kunyit

Cara selanjutnya untuk menghilangkan jerawat adalah dengan menggunakan masker pisang dan kunyit yang dihaluskan. Sebab, pisang  memiliki vitamin E dan kunyit memiliki curcuminoid sehingga dapat meringankan kondisi kulit ketika muncul jerawat.

Caranya, aplikasikan masker pisang dan kunyit pada kulit wajah secara merata. Setelah itu tunggu selama 15 menit, bilas menggunakan air hangat  dan handuk bersih.

Selain itu anda juga dapat mencegah timbulnya jerawat dengan cara :

  • rajin mencuci muka
  • hindari penggunaan make up +4jam
  • gunakan pembersih wajah yang sesuai dengan kulit anda