Sayangi Jantung Mu, Lakukan Ini

Jantung merupakan organ dalam kita yang paling penting, karena jantung merupakan pusat sistem seluruh kegiatan dalam tubuh, jikalau rusak atau terganggu, otomatis seluruh sistem yang ada didalam tubuh mengalami kerusakan atau hambatan, yang pasti itu merupakan suatu yang amat beresiko bagi kita, berapa banyak nyawa orang melayang akibat masalah ini.

Oleh karena itu admin disini terdorong untuk membagi kepada sahabat sekalian beberapa trik, tips, serta langkah-langkah yang benar dalam menjaga dan memelihara kesehatan jantung, karena sadar akan pentingnya fungsi dan kerja jantung ini.

Oke, tanpa berpanjang lebar lagi berikut adalah tips, cara merawat dan menjaga kesehatan jantung…

1. Berhenti Merokok

Selamat! jika anda adalah seorang perokok, anda sudah menyumbang besar untuk Indonesia, menurut catatan, cukai rokok di Indonesia memberikan kontribusi sebesar 153 triliyun, hampir 90 persen dari total cukai nasional, atau setara dengan 10 persen dari total pendapatan pemerintah, sungguh angka yang tidak sedikit. namun disisi baik anda menyumbang untuk negara anda sendiri, anda sudah merelakan satu organ dalam anda terancam.

Baca Juga :   Apa itu Virus Corona? Ini Hal-hal yang Perlu Kamu Ketahui!

So, anda bisa memilih, ingin berbuat baik kepada negara dengan mengorbankan kesehatan anda sendiri, atau berhenti dan memilih cara lain untuk berbuat baik kepada negara sendiri tanpa merugikan diri anda, pilihan ada di anda teman-teman. Memang susah bagi yang sudah terbiasa merokok untuk menanggulanginnya, namun cara menghentikannya tidak sesulit yang teman-teman bayangkan, karena dampak rokok yang tidak hanya menyerang perokok aktif, namun juga menyerang sekitarnya, anak, keluarga, sahabat, maupun pasangan hidup anda sendiri. Jadi, berhentilah merokok.

2. Olahraga Teratur

Meskipun terdengar merepotkan, percayalah bahwa olahraga secara teratur dapat mengurangi resiko penyakit jantung, apalagi anak muda yang sekarang sangat susah apabila diajak untuk berolahraga, mereka lebih doyan dan lebih betah berada dihadapan layar SmartPhone maupun PC, ini menjadi tugas orang disekitar mereka untuk lebih memperhatikan akan hal ini.

Tidak lama, cukup luangkan waktu anda 20-30 menit sehari untuk sekedar mencari keringat dan memperbaharui irama jantung. So, lakukan sendiri dan rasakan manfaatnya.

Baca Juga :   Puasa Sunnah Senin Kamis, Membawa Banyak Manfaat Bagi Tubuh

3. Makan Sehat Dan Berserat

Mulai sekarang anda bisa meninggalkan makanan yang kurang menyehatkan dan lebih memilih makanan yang terkenal mengandung kaya akan serat, semisal buah-buahan seperti strawberi, alpukat, dan pisang, maupun sayur mayur seperti brokoli, kembang kol dan sebagainya, atau anda yang menyukai jenis kacang-kacangan, mungkin kacang merah dan kacang almond adalah pilihan yang bagus.

Seperti yang kita tahu bahwa makanan sehat bukan saja untuk mencegah penyakit jantung, tapi seluruh penyakit kita makhluk bumi ini cara pencegahannya terdapat di dalam makanan yang sehat.

4. Atur Tekanan Darah Dan Gula Darah

Tidak hanya diabetes, kadar gula darah juga bisa mengundang penyakit jantung, karena kadar gula yang tinggi dapat merusak sistem saraf pengendali jantung, yang berakibat irama serta detak jantung yang tidak terkendali. Sama halnya dengan tekanan darah, tekanan darah yang tinggi dapat mempengaruhi pecahnya pembuluh darah serta dapat mempengaruhi fungsi kerja jantung, jadi anda sekarang diharapkan bisa memilah milih konsumsi apa yang kadar gulanya rendah, serta terus menjaga tekanan darah dengan cara mengontrol strees dalam menghadapi masalah.

Baca Juga :   Inovasi Baru Body Lotion Yang Terinspirasi dari Minuman Boba

5. Istirahat Yang Cukup

Menurut organisasi kesehatan internasional (WHO) bahwa istirahat yang cukup bagi orang dewasa adalah 7-8 jam sehari semalam, waktu tersebut dinilai cukup untuk mengistirahatkan aktifitas tubuh setelah seharian bekerja maupun belajar, hal ini berfungsi untuk menghilangkan strees, dan mengoptimalkan bagian tubuh yang seharian aktif.

So, lakukanlah istirahat yang cukup, toh hal ini yang paling enak dikerjakan bukan?.

Oke, kurang lebih itulah tips mudah dalam menjaga kesehatan jantung, sebenarnya masih banyak lagi tips dan cara untuk menjaga kesehatan jantung, tapi yang admin rangkum disini adalah tips yang menurut admin mudah dilakukan dan semua orang dapat melakukannya.

Semoga artikel yang singkat  ini dapat bermanfaat bagi kita semua, dan menjadi bahan pemikiran bagi kita untuk senantiasa menjaga kesehatan, karena sekali lagi saya sampaikan bahwa kesehatan adalah kunci kebahagian hidup.

Semoga kita selalu diberi Tuhan kesehatan, Amiin.