Wajib Tau, 5 Tanaman Ini Bisa Mencegah Penyakit Kanker

Sel Kanker

Rancah.com – Gangguan kesehatan disebabkan oleh berbagai hal dan perlu diwaspadai sejak dini. Salah satu penyakit yang perlu diwaspadai adalah penyakit kanker. Penyakit ini timbul karena adanya sel yang tumbuh secara tidak terkendali di dalam tubuh. Sel tersebut dapat tumbuh dimana saja di dalam tubuh dan menyebar melalui saluran darah. Salah satu cara yang dapat dilakukan sejak dini adalah melakukan pola hidup sehat, termasuk memperhatikan makanan yang masuk kedalam tubuh. Berikut 5 makanan yang mampu mencegah penyakit kanker.

  1. Sirsak

Buah maupun daun sirsak diyakini memiliki manfaat untuk mencegah pertumbuhan penyakit kanker dan penyebarannya. Kandungan anti-oksida dan zat anonaseus asetogenin dapat menghancurkan sel kanker yang ada pada tubuh. Bahkan dalam beberapa penelitian menjelaskan kandungan pada sirsak dapat membedakan antara sel kanker dan sel tubuh yang normal. Buah sirsak dapat disajikan dengan bentuk jus atau langsung di konsumsi. Untuk daun sirsak, konsumen bisa merebus sekitar 7 sampai 10 daun sirsak dengan 3 gelas air putih.

  1. Brokoli

Sayur brokoli sangat banyak dijadikan sebagai makanan olahan, baik di goreng atau di rebus. Sayur brokoli kaya akan kandungan flavonoid yang memberikan manfaat bagi kesehatan. Kandungan tersebut dipercaya dapat mencegah kanker, khususnya kanker payudara. Sangat disarankan untuk mengkonsumsi sayuran setidaknya 3 hingga 5 porsi sehari.

  1. Manggis

Manfaat manggis sudah tidak diragukan lagi bagi kecantikan dan kesehatan. Manggis terkenal dengan kandungan anti-oksida yang tinggi, terutama pada bagian kulit manggis yang mengandung zat xanthone dan ekstrak metanol. Zat xanthone  ini diyakini bersifat anti-oksida, pencegah penuaan dini, hingga sebagai anti-kanker. Sedangkan ekstrak metanol berguna untuk mengurangi efek radikal bebas. Olahan manggis dapat berupa jus, dikonsumsi langsung, hingga menjadi olahan roti.

  1. Bawang Putih

Hampir setiap memasak kita akan menggunakan bawang putih sebagai bumbu utama. Namun tahukah kamu jika ternyata bawang putih memiliki manfaat yang sangat besar untuk mencegah berbagai penyakit, termasuk kanker? Bawang putih memiliki kandungan allicin yang sangat baik bagi tubuh dan sebagai anti-oksida alami. Bawang putih dipercaya dapat mencegah terjadinya kanker terutama kanker bagian pencernaan dan kanker prostat. Cara mengkonsumsi bawang putih sangat beragam. Pengolahan yang paling umum adalah dengan menambahkan pada makanan sebagai bumbu.

  1. Kunyit

Kunyit memberikan banyak manfaat bagi kesehatan maupun bidang perawatan diri. Hal spesial lain yang dimiliki kunyit yaitu dipercaya sebagai penangkal kanker. Kunyit memiliki kandungan anti-oksida yang sangat kuat dan pastinya memberikan manfaat yang baik bagi tubuh. Olahan kunyit sebenarnya sudah sangat banyak kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Sebut saja jamu! Pasti hampir semua kalangan mengetahui jamu dan mungkin pernah meminum jamu. Namun selain itu kunyit juga kerap dijadikan sebagai bumbu makanan.

Nah, itu sebagian makanan yang berguna bagi kita untuk mencegah timbulnya sel kanker. Masih banyak makanan lain yang bermanfaat untuk tubuh kita. Jadi, tetap jaga pola makan dan jaga kesehatan ya.