Kepala Pusing Setelah Bangun Tidur? Ini Penyebabnya

Kepala Terasa Pusing Saat Baru Bangun Tidur

Rancah.com – Alih-alih bangun tidur dan siap untuk menghadapi dunia, Anda menemukan diri Anda tersandung ke kamar mandi karena kepala terasa pusing. Anda bahkan dapat merasakan kepala berputar-putar saat Anda mandi, atau perlu satu menit untuk menjernihkan kepala saat Anda menyikat gigi.

Lantas, apa yang menyebabkan Anda pusing saat anda baru bangun tidur? Dan bagaimana cara untuk menghilangkannya?

Penyebab

Ada banyak kemungkinan penyebab pusing jika dilihat dari kondisi medis yang mendasarinya. Namun secara umum, pusing di pagi hari adalah sesuatu yang kadang-kadang terjadi pada banyak orang dan bukan merupakan penyebab utama kekhawatiran. Berikut adalah beberapa masalah umum yang dapat menyebabkan pusing di pagi hari.

    1. Sleep Apnea

Jika Anda menderita sleep apnea atau pasangan Anda telah memberi tahu Anda bahwa Anda sering mendengkur, pola pernapasan malam hari Anda mungkin merupakan penyebab pusing di pagi hari.

Sleep apnea sebenarnya adalah kondisi pernapasan obstruktif, yang berarti Anda berhenti bernapas sementara di malam hari jika Anda mengalaminya. Gangguan pernapasan itu dapat menyebabkan asupan kadar oksigen lebih rendah, yang bisa menyebabkan pusing di pagi hari ketika Anda bangun.

    1. Dehidrasi

Salah satu penyebab paling umum  bangun dengan pusing adalah dehidrasi. Jika Anda minum alkohol sebelum tidur, misalnya, makan Anda mungkin dapat mengalami dehidrasi saat bangun di pagi hari. Bahkan jika Anda tidak minum alkohol, Anda mungkin mengalami dehidrasi jika bekerja di lingkungan yang panas, tidak minum cukup cairan, minum diuretik, minum banyak minuman berkafein, atau banyak berkeringat.

    1. Gula Darah Rendah

Bangun pusing di pagi hari juga bisa menjadi tanda bahwa  Anda memiliki gula darah yang rendah, jadi Anda akan merasa pusing sebelum makan makanan apa pun di pagi hari. Jika Anda menderita diabetes dan mengonsumsi insulin atau obat lainnya, Anda bisa mengalami hipoglikemik di pagi hari jika Anda tidak makan cukup malam sebelumnya atau jika dosis obat Anda terlalu tinggi.

Anda bahkan bisa mengalami hipoglikemik jika Anda tidak menderita diabetes juga. Jika Anda secara teratur mengalami pusing dalam jangka waktu yang lama, kelelahan, atau merasa sakit dan lemah di sela-sela waktu makan, periksakan diri anda ke fasilitas kesehatan.

Cara mengatasi

Hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi pusing saat bangun tidur di pagi hari adalah tetap terhidrasi sepanjang hari. Bahkan jika Anda tidak merasa haus, tubuh Anda masih dapat berisiko mengalami dehidrasi, terutama jika Anda memiliki pekerjaan yang sangat aktif secara fisik, jika Anda bekerja di luar, atau jika Anda melakukan banyak latihan yang intens.

Usahakan untuk setidaknya minum 8 gelas air sehari dan lebih banyak jika Anda sangat aktif, hamil, atau tipe orang yang cenderung banyak berkeringat. Berkeringat akan meningkatkan dehidrasi.

Hindari minum alkohol, terutama sebelum tidur, dan minum segelas penuh air sebelum tidur dan setelah bangun tidur bahkan sebelum Anda bangun dari tempat tidur. Untuk membuatnya nyaman, Anda dapat menyimpan gelas air atau botol di samping tempat tidur Anda untuk minum air di pagi hari.

Mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin, melakukan latihan fisik, akupuntur, dan selalu menerapkan kebiasaan hidup sehat juga merupakan hal yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi kondisi ini.

Jika langkah-langkah ini tidak berhasil, Anda mungkin memiliki kondisi medis yang menyebabkan pusing. Dalam hal ini, Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda untuk mencoba menentukan penyebab pusing Anda.