Hati-Hati dengan Minuman Collagen

Kolagen: Manfaat, Sumber, Efek Samping - DokterSehat

Dengan bertambahnya umur semakin tua, kulit akan mengikuti sesuai dengan usia. Kulit wajah terasa turun alias sudah tidak kencang lagi. Berbagai macam skin care bermunculan. Berbentuk krim, toner, pencuci wajah, hingga minuman. Kemasan dalam minuman terdengar sangat menarik. Melakukan perawatan tidak hanya dari luar saja, akan lebih maksimal perawatan dari dalam. Sebelum mencari skin care yang bagus dan yang cocok, tentu yang pertama harus mengetahui terlebih dahulu jenis kulit kita.

Pada setiap tahunnya kolagen yang ada pada kulit akan mengurang 1%. Kolagen merupakan protein yang sangat penting bagi tubuh kita. Salah satunya kolagen berfungsi sebagai mempertahankan elasitas kulit. Maka mengapa semakin bertambah umur, elasitas kulit semakin berkurang. Solusi untuk mempertahankan elasitas kulit yaitu dapat mengonsumsi makanan sehat, dengan kandungan vitamin A maupun vitamin C.

Selain mengonsumsi makanan sehat, dapat dibantu dengan perawatan yang mempunyai kandungan kolagen. Ada yang berbentuk suplemen dan minuman. Suplemen bentuknya seperti obat yaitu tablet. Sedangkan minuman kolagen dapat diminum atau diseduh terlebih dahulu. Saya pernah mengonsumsi beberapa merk minuman kolagen dan rasanya enak, manis, seperti minuman perasa pada umumnya. Hasilnya sedikit terlihat ada perubahan, atau mungkin karena saya tidak lanjut untuk mengonsumsinya. Satu dus habis tidak lanjut beli dan minumnya pun tidak rutin hehe. Mungkin bagi yang rutin akan terlihat maksimal hasilnya.

Jujur, mendengar minuman kolagen yang mempunyai banyak khasiat untuk kulit sangat menggiurkan. Seperti yang beredar dipasaran dunia kecantikan, minuman kolagen selain khasiatnya memberikan elasitas kulit dapat mencerahkan wajah juga, serta dapat menghilangkan jerawat. Seperti sudah All in One dalam satu kemasan. Namun hal tersebut dibahas oleh Dokter kecantikan, yaitu Dr.Richard Lee dalam kanal youtubenya bahwa minuman kolagen yang mempunyai perisa rasa dan tentunya mengandung gula, sedikit tidak baik bagi yang sedang diet. Klaim-klaim mengenai minuman kolagen dapat menghilangkan jerawatpun, dibahas oleh beliau. Kandungan gula dalam minuman kolagen justru akan memicu tumbuhnya jerawat.

Khasiat untuk elasitas kulit, mencerahkan kulit dapat dikatakan memang betul karena ada khasiat vitamin C di dalamnya. Minuman kolagen memang kaya akan multivitamin, tapi lebih baik tidak dengan perasa. Jika ingin mengonsumsi minuman kolagen untuk anti-aging pada kulit lebih baik memilih minuman tanpa ada perasa. Minuman kolagen dapat dikonsumsi dengan jangka panjang.

Hal tersebut yang disampaikan beliau sangat meng-edukasi kita semua untuk lebih berhati-hati dalam memilih perawatan untuk kulit. Lihat ingredients, jika tidak mengerti tanyakan dengan mbah google.