Fakta Seputar Mengunyah Permen Karet yang Harus Anda Ketahui

Fakta Seputar Mengunyah Permen Karet
Foto: thelist.com

rancah.com – Orang telah mengunyah permen karet dalam berbagai bentuk selama ribuan tahun. Permen Karet dibuat dari getah pohon, seperti pohon cemara atau manilkara. Namun, sebagian besar permen karet modern dibuat dari karet sintetis.

Artikel ini membahas fakta seputar mengunyah permen karet. Simak penjelasannya.

Permen Karet Dapat Mengurangi Stres dan Meningkatkan Memori

Penelitian telah menemukan bahwa mengunyah permen karet saat melakukan tugas dapat meningkatkan berbagai aspek fungsi otak, termasuk kewaspadaan, memori, pemahaman dan pengambilan keputusan.

Dalam sebuah penelitian, orang yang mengunyah permen karet selama tes melakukan 24% lebih baik dalam tes memori jangka pendek dan 36% lebih baik dalam tes memori jangka panjang.

Menariknya, beberapa penelitian telah menemukan bahwa mengunyah permen karet selama tugas dapat sedikit mengganggu pada awalnya, tetapi mereka dapat membantu Anda fokus untuk periode yang lebih lama.

Pada mahasiswa, mengunyah permen karet selama dua minggu menurunkan perasaan stres, terutama yang berkaitan dengan beban kerja akademik. Ini bisa disebabkan oleh tindakan mengunyah, yang telah dikaitkan dengan penurunan kadar hormon stres seperti kortisol.

Manfaat mengunyah permen karet dalam ingatan hanya terbukti bertahan lama saat Anda mengunyah permen karet. Namun, pengunyah permen karet kebiasaan mungkin mendapat manfaat dari perasaan lebih waspada dan kurang stres sepanjang hari.

Permen Karet Bisa Membantu Anda Menurunkan Berat Badan

Mengunyah permen karet bisa menjadi alat yang bermanfaat bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Ini karena rasanya manis dan rendah kalori, memberi Anda rasa manis tanpa harus menghabiskan makanan.

Sebuah studi kecil menemukan bahwa mengunyah permen karet setelah makan siang mengurangi rasa lapar dan mengurangi mengemil di kemudian hari sekitar 10%. Studi lain yang lebih baru menemukan hasil yang sama.

Satu studi bahkan menemukan bahwa orang yang mengunyah permen karet cenderung mengemil

Menariknya, ada juga beberapa bukti bahwa mengunyah permen karet dapat meningkatkan laju metabolisme Anda.

Bahkan, satu studi menemukan bahwa ketika peserta mengunyah permen karet, mereka membakar sekitar 19% lebih banyak kalori daripada ketika mereka tidak mengunyah permen karet

Mengunyah Permen Karet Dapat Membantu Melindungi Gigi Anda dan Mengurangi Bau Mulut

Mengunyah permen karet bebas gula bisa membantu melindungi gigi Anda dari gigi berlubang. Ini lebih baik untuk gigi Anda daripada permen karet biasa yang dimaniskan. Ini karena gula memberi makan bakteri “jahat” di mulut Anda, merusak gigi Anda.

Namun, beberapa permen karet bebas gula lebih baik daripada yang lain dalam hal kesehatan gigi Anda.

Penelitian telah menemukan bahwa permen karet yang dimaniskan dengan gula alkohol xylitol lebih efektif daripada permen karet bebas gula lainnya dalam mencegah kerusakan gigi. Ini karena xylitol mencegah pertumbuhan bakteri yang menyebabkan kerusakan gigi dan bau mulut.

Faktanya, satu penelitian menemukan bahwa mengunyah permen karet xylitol mengurangi jumlah bakteri jahat di mulut hingga 75%.

Selanjutnya, mengunyah permen karet setelah makan meningkatkan aliran air liur. Ini membantu membersihkan gula dan puing-puing makanan yang berbahaya, yang keduanya memberi makan bakteri di mulut Anda.

Mencegah Infeksi Telinga Pada Anak-anak

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa permen karet yang mengandung xylitol dapat mencegah infeksi telinga tengah pada anak-anak.

Membantu Anda berhenti merokok

Permen nikotin dapat membantu orang berhenti merokok.

Membantu usus Anda pulih setelah operasi

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengunyah permen karet setelah operasi dapat mempercepat waktu pemulihan pasca operasi.

Gula Manis dari Permen Karet Buruk untuk Gigi dan Kesehatan Metabolik Anda

Mengunyah permen karet yang dimaniskan dengan gula benar-benar buruk untuk gigi Anda. Ini karena gula dicerna oleh bakteri jahat di mulut Anda, menyebabkan peningkatan jumlah plak pada gigi dan kerusakan gigi dari waktu ke waktu.

Makan terlalu banyak gula juga dikaitkan dengan sejumlah masalah kesehatan seperti obesitas, resistensi insulin dan diabetes.

Mengunyah permen karet terlalu sering dapat menyebabkan masalah pada rahang Anda

Mengunyah secara terus-menerus dapat menyebabkan masalah rahang yang disebut gangguan temporomandibular (TMD), yang menyebabkan rasa sakit saat Anda mengunyah.

Meskipun kondisi ini jarang terjadi, beberapa penelitian telah menemukan hubungan antara mengunyah berlebihan dan TMD.

Permen Karet Berkaitan dengan Sakit Kepala

Satu ulasan baru-baru ini menemukan hubungan antara mengunyah permen karet, migrain, dan sakit kepala tegang secara teratur pada orang yang rentan terhadap kondisi ini.

Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui apakah permen karet benar-benar menyebabkan sakit kepala ini. Namun, para peneliti menyimpulkan bahwa penderita migrain mungkin ingin membatasi permen karet mereka.