Tips Tetap Sehat Makan Daging Saat Iduladha

ilustrasi makanan olahan daging

Rancah.com – Daging memang menjadi hidagan yang khas tampil di lebaran Iduladha. Mulai dari gulai daging kambing, sapi, satai dan lainnya sudah pasti jadi menu andalan.

Namun, tahukah kamu sebagian orang merasa khawatir lantaran daging dapat mengundang masalah kesehatan seperti tekanan darah, kolesterol buruk naik mendadak hingga masalah pencernaan usai menyantap sajian ini.

Berikut  ini ada sejumlah tips yang bisa kamu lakukan, agar tetap sehat saat menyantap kenikmatan hidangan Iduladha.

Kurangi bumbu

Perayaan Iduladha tentunya membuat mulutmu tak berhenti mengunyah dengan olahan daging serta beraneka ragam bumbu bukan ? Nah untuk mensiasati rasa kekhawatiranmu terhadap gangguan pencernaan kesehatan, kamu bisa mulai berhati-hati dengan cara mengurangi makanan yang kaya akan lemak dan protein.

Perlu kamu ketahui, makanan berbahan daging yang dimasak dengan minyak dan rempah-rempah membutuhkan waktu delapan hingga 12 jam untuk dicerna oleh tubuh lho.

Kurangi porsi

Dokter spesialis saraf dari RSCM, Amanda Tiksnadi menyarankan mereka yang memiliki tekanan darahnya berada di angka 200 sebaiknya lebih ketat membatasi asupan daging sapi.

Jangan kalap menyantap semua makanan yang tersaji di meja. Jika ingin mengambil banyak makanan, ambilah dalam porsi sedikit (bukan sepiring penuh). Karena makan secara berlebihan berisiko membuatmu terkena gangguan pencernaan dan kembung

Pilih ikan atau ayam

Dr Amanda juga menyarankan kepada masyarakat agar memilih menu ikan atau ayam, ketimbang daging sapi. Sebab, kadar purin daging itu lebih rendah.

Purin diketahui bisa menyebabkan asam urat naik tinggi dan menjadi faktor risiko tinggi stroke, penyakit jantung dan masalah ginjal.

Tambah sayuran

Disarankan juga untuk menambah lebih banyak sayuran dalam sajian daging yang kamu masak. Sayuran memiliki fungsi sebagai asupan kaya antioksidan, sehingga dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif.

Tak hanya itu saja, sayuran juga memudahkan pencernaan karena kadungan seratnya dapat memperlambat memasak membantu mencerna daging dengan mudah.

Perhatikan pemrosesan makanan

Pilih metode memasak yang sehat. Jika kamu menyiapkan hidangan sendiri, pilih untuk memanggang daging daripada menggorengnya.

 

0