10 Cara Menjaga Kesehatan Fungsi Penglihatan Mata Anda

Menjaga Kesehatan Mata

Rancah.com –¬†Melakukan pemeriksaan mata secara teratur adalah salah satu dari banyak cara untuk dapat meningkatkan penglihatan dan mencegah cedera atau penyakit yang dapat merusak penglihatan Anda. Simak cara-cara lain yang dapat meningkatkan fungsi penglihatan mata Anda.

  1. Cukupi kebutuhan vitamin dan mineral utama

Vitamin A, C, dan E, serta mineral dan zink, mengandung antioksidan yang dapat membantu mencegah degenerasi makula. Degenrasi makula adalah kondisi di mana makula, bagian mata yang mengontrol penglihatan sentral memburuk.

Sumber makanan untuk nutrisi penting ini ada di dalam beragam sayuran dan buah yang berwarna-warni, seperti:

  • Wortel
  • Paprika merah
  • Brokoli
  • Bayam
  • Stroberi
  • Ubi
  • Jeruk

Makanan yang kaya akan asam lemak omega-3, seperti salmon dan biji rami, juga direkomendasikan untuk kesehatan mata yang lebih baik.

  1. Jangan lupakan karotenoid

Beberapa nutrisi lain juga merupakan kunci untuk meningkatkan penglihatan. Di antaranya adalah lutein dan zeaxanthin, yang merupakan karotenoid yang dapat ditemukan di retina. Anda juga bisa menemukannya dalam sayuran dan makanan, seperti brokoli, zucchini, dan telur.

Lutein dan zeaxanthin juga dapat dikonsumsi dalam bentuk suplemen. Karotenoid ini membantu melindungi makula dengan meningkatkan kepadatan pigmen di bagian mata tersebut, dan menyerap sinar ultraviolet.

  1. Tetap bugar

Ya, berolahraga dan menjaga berat badan yang sehat dapat menyehatkan mata Anda, bukan hanya ukuran pinggang Anda. Diabetes tipe 2, yang pada umunya dialami oleh orang yang kelebihan berat badan atau obesitas, dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah kecil di mata.

Kondisi ini disebut retinopati diabetik. Terlalu banyak gula yang bersirkulasi dalam aliran darah Anda dapat melukai dinding halus arteri Anda. Retinopati diabetik menyebabkan arteri yang sangat kecil di retina Anda , bagian belakang mata yang peka terhadap cahaya mengalami kebocoran darah dan cairan ke mata, sehingga dapat merusak penglihatan Anda.

Memeriksakan kadar gula darah Anda secara teratur dan tetap sehat dan bugar dapat menurunkan peluang Anda terkena diabetes tipe 2 dan banyak komplikasinya.

  1. Kelola kondisi kronis

Diabetes bukanlah satu-satunya penyakit yang dapat memengaruhi penglihatan Anda. Kondisi lain, seperti tekanan darah tinggi dan sklerosis ganda, juga dapat memengaruhi penglihatan Anda. Kondisi ini berkaitan dengan peradangan kronis, yang dapat membahayakan kesehatan Anda dari ujung kepala hingga ujung kaki.

Peradangan saraf optik, misalnya, dapat menyebabkan rasa sakit dan bahkan kehilangan penglihatan total. Meskipun penyakit seperti sklerosis ganda tidak dapat dicegah, Anda dapat mencoba mengatasinya dengan melakukan kebiasaan yang sehat.

Tekanan darah tinggi dapat diobati secara efektif dengan diet jantung sehat, olahraga, dan obat antihipertensi.

  1. Kenakan kacamata pelindung

Bagi Anda yang rabun jauh, Anda harus melindungi mata dengan kacamata yang sesuai.

Kacamata pelindung yang tangguh sangat penting jika ada risiko bahan kimia, benda tajam, atau bahan seperti serutan kayu, serpihan logam, atau bahkan senggolan siku selama pertandingan bola basket, memasuki mata Anda.

Banyak kacamata pelindung dibuat dengan jenis polycarbonate, yang sekitar 10 kali lebih keras daripada bentuk plastik lainnya.

  1. Gunakan kacamata hitam

Kacamata hitam tidak hanya untuk terlihat keren. Mengenakan corak adalah salah satu langkah terpenting yang bisa Anda ambil untuk memperbaiki penglihatan Anda. Anda ingin kacamata hitam yang menghalangi 99 hingga 100 persen radiasi UVA dan UVB dari sinar matahari.

Kacamata hitam membantu melindungi mata Anda dari kondisi yang menyebabkan kerusakan mata, seperti katarak, degenerasi makula, dan pterygium, yaitu pertumbuhan jaringan di atas bagian putih mata. Pterigium dapat menyebabkan penglihatan menjadi kabur.

Mengenakan topi lebar juga dapat membantu melindungi mata Anda dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.

  1. Ikuti aturan 20-20-20

Mata Anda bekerja keras di siang hari dan perlu istirahat sekarang dan setelahnya. Ketegangan mata bisa sangat intens jika Anda bekerja di depan komputer untuk waktu yang lama. Untuk meredakan ketegangan, ikuti aturan 20-20-20.

Maksudnya adalah setiap 20 menit, Anda harus berhenti menatap komputer Anda dan melihat sesuatu yang berjarak 20 cm selama 20 detik.

  1. Berhenti merokok

Anda tahu merokok itu buruk bagi paru-paru dan jantung Anda, belum lagi rambut, kulit, gigi, dan hampir semua bagian tubuh lainnya. Rupanya kebiasaan itu juga dat berdampak bagi mata Anda. Merokok dapat meningkatkan risiko terkena katarak dan degenerasi makula terkait usia.

Untungnya, mata, paru-paru, jantung, dan bagian-bagian tubuh Anda lainnya dapat mulai pulih dari kerusakan yang disebabkan oleh tembakau dalam beberapa jam pertama setelah berhenti merokok.

Semakin lama Anda dapat menghindari rokok, semakin banyak pembuluh darah Anda akan mendapat manfaat dan peradangan akan mereda di seluruh mata Anda

  1. Pelajari riwayat kesehatan mata keluarga Anda

Beberapa gangguan pada mata bersifat turun temurun, jadi sadar akan kondisi mata yang dimiliki orang tua atau kakek-nenek Anda dapat membantu Anda mengambil tindakan pencegahan.

Penyakit keturunan pada mata meliputi:

  • Glaukoma
  • Degenerasi retina
  • Degenerasi makula terkait usia
  • Atrofi optik

Memahami riwayat keluarga Anda dapat membantu Anda melakukan tindakan pencegahan dini.

  1. Jaga kebersihan tangan dan lensa Anda

Mata Anda sangat rentan terhadap kuman dan infeksi. Bahkan hal-hal yang hanya mengiritasi mata Anda dapat mempengaruhi penglihatan Anda. Karena alasan itu, Anda harus selalu mencuci tangan sebelum menyentuh mata Anda atau memegang lensa kontak (softlens) Anda.

Hal yang juga tidak boleh dilupakan adalah rajin mencuci tangan dan mendisinfeksi lensa kontak Anda sebelum melakukan aktivitas.

Anda juga harus mengganti lensa kontak Anda seperti yang disarankan oleh pabrik atau dokter Anda. Kuman di lensa kontak Anda dapat menyebabkan infeksi bakteri pada mata.