10 Cara Menghilangkan Lingkaran Hitam di Bawah Mata Secara Permanen

lingkaran hitam di bawah mata

Rancah.com – Setelah seseorang memahami mengapa lingkaran hitam berkembang di bawah mata mereka, mereka dapat memilih perawatan yang tepat. Beberapa orang mengubah kebiasaan gaya hidup mereka, sementara yang lain beralih ke perawatan dan produk yang mereka temukan di toko kecantikan.

Walaupun hal tersebut mungkin aman, sebagian besar perawatan di rumah ini mungkin tidak efektif. Orang mungkin tidak bisa menghilangkan lingkaran mata gelap sama sekali, tetapi beberapa teknik dan solusi dapat membantu meminimalkan penampilan mereka.

  1. Tidur yang cukup

Beberapa orang memperhatikan lingkaran mata gelap ketika mereka mengalami periode tidur berkualitas rendah. Kurang tidur bisa memperburuk lingkaran gelap dibawah mata. Studi terbatas menunjukkan bahwa kualitas istirahat tidur yang baik dapat mengurangi lingkaran hitam di bawah mata.

  1. Mengangkat kepala lebih tinggi sedikit saat tidur

Orang-orang yang mengalami penggelapan kulit di bawah mata mereka di pagi hari yang sedikit memudar sepanjang hari mungkin telah meningkatkan pembuluh darah atau pembuluh darah di sekitar mata mereka. Warna yang lebih gelap juga bisa menjadi hasil pembengkakan.

Dengan mengangkat kepala saat tidur, darah akan berpindah dari kepala dan wajah ke bagian bawah tubuh, sehingga dapat mengurangi pembengkakan dan mengurangi warna gelap di bawah mata.

  1. Menerapkan kompres dingin

Orang-orang dengan peningkatan pembuluh darah di bawah mata mereka mungkin mendapat manfaat dari menerapkan kompres dingin. Kompres dingin dapat menyempitkan pembuluh darah di sekitar mata, yang dapat mengurangi pemebentukan warna gelap pada permukaan kulit. Kompres dingin juga dapat mengurangi pembengkakan di sekitar mata.

  1. Meminimalkan paparan sinar matahari

Orang-orang dapat mengurangi lingkaran mata gelap dengan melindungi kulit mereka dari paparan sinar matahari. Radiasi ultraviolet dapat memperburuk lingkaran mata hitam pada beberapa orang.

Perlindungan dengan kacamata hitam, pelembab dengan tabir surya, dan topi dapat melindungi kulit dari sinar matahari dan mencegah memburuknya lingkaran mata gelap.

  1. Irisan mentimun dan kantong teh

Banyak orang yang terkadang menempelkan irisan mentimun ke mata mereka untuk mengurangi  lingkaran mata gelap. Meskipun mekanisme efeknya tidak diketahui, suhu dingin irisan mentimun dapat mengurangi pembengkakan karena kurang tidur, eksim, atau alergi.

Beberapa orang juga menggunakan kantong teh. Membiarkannya dingin di lemari es dan kemudian menempatkannya di bawah mata, mungkin menghasilkan efek yang sama seperti kompres dingin atau irisan mentimun dingin.

Beberapa ahli menyarankan menggunakan kantong teh berkafein, karena kafein juga dapat menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi pembentukan warna gelap pada permukaan kulit. Kafein juga dapat mempercepat aliran darah melintasi pembuluh darah di sekitar mata dan dapat memberikan penampilan yang sehat dan segar pada kulit.

Penting untuk dicatat bahwa para peneliti belum mempelajari efek dari menempelkan irisan mentimun atau kantong teh dingin ke mata untuk mencegah atau mengobati lingkaran mata gelap.

  1. Mencukupi kebutuhan vitamin C

Vitamin C dapat meningkatkan produksi kolagen. Meningkatkan produksi kolagen di bawah mata dapat mengurangi stasis darah, yang dapat menyebabkan perubahan warna. Stasis darah mengacu pada darah yang terkumpul di pembuluh darah.

Orang-orang mungkin melihat peningkatan penampilan lingkaran hitam di bawah mata mereka ketika menggunakan produk kecantikan dengan konsentrasi vitamin C yang tinggi.

  1. Krim retinoid

Krim retinoid, yang ditemukan di toko kecantikan, juga dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dan meningkatkan penampilan lingkaran gelap di bawah mata. Krim yang juga  mengandung vitamin A ini juga mengurangi kandungan melanin untuk kulit. Melanin adalah suatu zat yang memberi warna pada kulit

Krim retinoid tidak cocok untuk semua orang. Beberapa orang harus berkonsultasi dengan dokter mereka atau profesional kesehatan lain sebelum menggunakan krim retinoid.

  1. Asam kojic dan krim arbutin

Asam kojic dan arbutin adalah senyawa yang mengganggu produksi melanin di kulit. Menurut sebuah artikel di Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology, konsentrasi rendah asam kojic efektif mengurangi lingkaran mata gelap.

Asam kojic dan arbutin adalah zat yang diturunkan secara alami. Dalam dosis kecil, arbutin dapat mengurangi pembentukan lingkaran hitam di bawah mata, tetapi konsentrasi tinggi dapat menyebabkan hiperpigmentasi.

Sebelum menggunakan produk kecantikan yang mengandung asam kojic atau arbutin, orang harus berkonsultasi dengan dokter kulit.

  1. Vitamin K

Dalam sebuah penelitian, para peneliti mengevaluasi kemanjuran anti-kerut dan lingkaran mata hitam yang mengandung 3% kafein dan 1% vitamin E. Para partisipan mengenakan pembalut mata selama 1 jam setiap malam selama 4 minggu. Para peneliti memperhatikan berkurangnya tampilan lingkaran mata gelap di akhir studi.

Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi kemanjuran vitamin K dan bantalan yang mengandung kafein untuk mengurangi lingkaran mata gelap.

  1. Concealer dan makeup

Beberapa orang memilih menggunakan riasan untuk menyembunyikan lingkaran mata gelap mereka. Yayasan rias mineral dapat menyembunyikan noda gelap di bawah mata.

Optical diffusers adalah jenis kosmetik yang memantulkan cahaya dari kulit dan dapat meningkatkan penampilan lingkaran hitam. Teknik-teknik ini tidak mengobati atau mencegah lingkaran mata gelap.