Inspirasi Menu Berbahan Dasar Daging Sapi dan Daging Kambing untuk Menemani Hari Raya Idul Adha

Menu Berbahan Dasar Daging Sapi dan Daging Kambing

Rancah.com – Hari raya qurban atau hari raya Idul Adha merupakan hari yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Pada hari ini, seluruh umat muslim menunjukkan solidaritasnya kepada saudaranya dengan cara berkurban. Hal ini tentu sangat berarti bagi saudara-saudara kita yang membutuhkan. Ada 2 jenis hewan yang biasanya menjadi pilihan untuk di kurbankan, yaitu sapi dan kambing. Jika anda bingung daging kurban yang anda dapat mau di masak apa, langsung saja simak daftarnya dibawah ini!

  1. Semur Daging Sapi

Semur daging merupakan makanan berkuah yang mempunyai rasa manis gurih, serta segar jika dimakan. Pembuatan semur daging juga cukup mudah, sehingga memudahkan anda untuk mengolah dan menikmatinya.

  1. Dendeng Ragi Daging Sapi atau Daging Kambing

Makanan yang satu ini bisa dibuat dari daging sapi maupun daging kambing karena merupakan jenis makanan kering. Dendeng ragi terbuat dari daging yang di iris tipis-tipis kemudian dicampur dan di bumbui bersama dengan kelapa muda parut. Jika di jawa makanan ini mirip serundeng yang dikasi daging, atau bisa juga disebut abon daging kelapa.

  1. Sate Daging Sapi atau Sate Daging Kambing

Sate ini sangat cocok untuk dimasak saat hari raya Qurban seperti ini. Jika dipanggang dengan sempurna dan diolesi kecap, aromanya menggugah selera dan rasanya pasti sangat mantap. Jika merasa amis, maka tambahkan perasan jeruk nipis atau irisan bawang merah di bumbunya. Jika ingin semakin mantap, maka hidangkan bersama bumbu kacang.

  1. Daging Sapi atau Daging Kambing Bumbu Lapis

Jenis masakan ini berbumbu kental seperti dendeng. Rasa dari bumbu ini cenderung manis, jika ingin pedas maka bisa juga tambahkan cabe yang dihaluskan.

  1. Bakso Daging Sapi

Bakso merupakan makanan sejuta umat. Jika ada yang tidak suka bakso mungkin hanya sedikit, yang banyak mungkin yang tidak boleh makan bakso karena takut kolesterolnya tinggi. Mudah sekali mengolah daging menjadi bakso, asalkan takaran antara tepung terigu, tepung sagu dan dagingnya seimbang ya teman-teman.

  1. Gule kambing

Bagi kalian yang suka banget sama kambing dan tidak punya riwayat hipertensi, masakan bersantan kental yang satu ini pasti sangat di idolakan. Rasanya sangat gurih dan semakin mantap jika ditambah dengan perasan jeruk nipis dan taburan kecambah pendek.

  1. Krengsengan Daging Kambing atau Krengsengan Daging Sapi

Krengsengan daging ini rasanya pedas, manis, asin, gurih enak. Meskipun rasanya cenderung manis, tetapi saat dimakan tidak eneg sama sekali. Makanan ini sangat cocok untuk dimakan dengan nasi hangat-hangat.