10 Negara Pengonsumsi Roti Tertinggi per Kapita di Dunia

Negara Pengonsumsi Roti Tertinggi
Foto: indulgeinhealthyliving.com

Rancah. com – Roti adalah makanan pokok dari sejumlah negara di seluruh dunia. Ketika berbicara tentang roti, Eropa berada dalam posisi terdepan dengan margin yang signifikan karena roti adalah makanan pokok Eropa.

Berbeda dengan beberapa negara di Asia, mengonsumsi roti hanya sebagai cemilan karena makanan pokoknya adalah nasi. Sehingga masyarakat yang mengkonsumsi roti di Negara Asia akan lebih sedikit dibandingkan masyarakat di Negara Eropa.

Tapi, pertanyaannya adalah negara mana saja yang penduduknya tergila-gila mengonsumsi roti? Mari simak ulasan berikut ini.

  1. Italia

Kita mulai dari peringkat 10, yaitu Italia. Sekarang, siapa pun yang suka pizza harus tahu betul bahwa orang Italia sudah pasti hobi membuat roti. Pizza hanyalah roti mewah, jujur ​​saja, dan orang Italia tidak akan berhenti untuk membuat roti yang menarik untuk dimakan.

Secara alami, mereka berhasil masuk ke dalam daftar pengonsumsi roti tertinggi di dunia. Orang Italia rata-rata mengkonsumsi sekitar 52,2 Kg roti dalam setahun yang benar-benar luar biasa. Tetapi mengingat betapa mereka mencintai roti mereka, ini yang diharapkan dari para penemu pizza.

  1. Rusia

Di nomor 9 dalam daftar ada Rusia. Ivan Boltin, sejarawan Rusia abad ke-18 pernah mengatakan sesuatu tentang roti di Rusia, “Seorang pekerja, dapat makan dengan satu hingga dua pon roti hitam bersama dengan schi.” Ketika datang untuk mengkonsumsi roti, rata-rata orang Rusia mengkonsumsi lebih dari 55 Kg roti dalam setahun.

Roti memang merupakan makanan pokok Rusia, jadi hal ini sangat wajar jika Rusia masuk dalam daftar 10 negara pengonsumsi roti tertinggi dunia.

  1. Belgia

Di nomor 8 ditempati oleh negara yang dijuluki sebagai ‘’tanah wafel’’, Belgia. Orang-orang Belgia menyukai produk makanan berbahan biji-bijian yang dipanggang.

Orang Belgia rata-rata mengkonsumsi sekitar 55,3 Kg roti setiap tahun, sangat luar biasa. Anda harus mengerti, bahwa kita hanya berbicara tentang rata-rata di sini, yang mencakup semua orang yang bahkan tidak suka roti.

  1. Jerman

Oke, sekarang ada Jerman yang menduduki peringkat ke-7. Jerman terkenal dengan sosis dan birnya, namun faktanya, orang Jerman juga suka makan sosis dengan roti. Setelah makanan mereka selesai disantap, mereka kemudian meneguk  bir mereka yang terkenal di dunia.

Sourdough adalah roti andalan Jerman. Roti tersebut cukup banyak menggunakan segala macam bahan biji-bijian untuk membuat roti, termasuk oats, gandum, millet, jagung, dan beras.

  1. Perancis

Jika Anda menyukai roti Anda, kemungkinan besar Anda sudah tau roti Baguette. Roti khas Perancis tersebut adalah roti tipis dan panjang yang terbuat dari adonan tanpa lemak. Roti ini terkenal karena kulitnya yang garing.

Setiap penikmat roti akan menilai baguette dengan sangat tinggi, karena tidak hanya enak untuk dimakan, tetapi banyak pemikiran telah dibuat untuk membuatnya menonjol dari sebuah kompetisi roti terbaik. Orang Perancis rata-rata mengonsumsi roti sebanyak 57,2 Kg dalam setahun.

  1. Belanda

Belanda merupakan negara peringkat kelima yang menjadi pengonsumsi roti terbanyak di dunia. Hasil pertanian dari Belanda dihargai tinggi di seluruh dunia. Secara alami, roti Belanda akan terasa lebih enak. Selain itu, mereka bahkan berusaha lebih keras untuk membuat roti mereka lebih enak dengan menambahkan bahan-bahan tambahan dan gula ke dalam adonan.

Selain itu, negara dengan penduduk lebih dari 17 juta jiwa ini memiliki konsumsi roti per kapita sebanyak 62 kilogram dalam setahun.

  1. Yunani

Yunani menempati urutan ke-4 dalam daftar negara  pengonsumsi roti terbanyak di dunia. Negara ini telah diakui sebagai tempat kelahiran filsafat barat, sehingga cara mengonsumsi makanan mengikuti budaya barat, salah satunya roti yang dijadikan sebagai makanan pokok.

Perlu Anda ketahui, orang-orang Yunani sangat menyukai roti khas mereka, yaitu roti pita. Negara dengan penduduk lebih dari 10 juta jiwa ini memiliki konsumsi roti per kapita sebanyak 68 kilogram dalam setahun.

  1. Ukraina

Di nomor 3 dalam daftar negara dengan konsumsi roti terbanyak di dunia adalah Ukraina. Hal yang luar biasa tentang negara ini adalah bahwa orang Ukraina rata-rata mengonsumsi roti 20 Kilogram lebih banyak daripada negara sebelumnya, Yunani, yang merupakan lonjakan besar dalam data.

Negara dengan penduduk lebih dari 43 juta jiwa ini memiliki konsumsi roti per kapita sebanyak 88 kilogram dalam setahun.

  1. Bulgaria

Selanjutnya di daftar negara-negara dengan konsumsi roti terbanyak tertinggi di dunia adalah Bulgaria. Bulgaria tentu saja merupakan salah satu negara yang paling banyak mengonsumsi roti di dunia dengan konsumsi rata-rata roti lebih dari 95,3 kilogram dalam setahun. Meski demikian, Bulgaria masih menempati peringkat kedua di dunia.

  1. Turki

Dan negara yang menempati peringkat pertama pengonsumsi roti terbanyak di dunia adalah Turki. Negara transkontinental tersebut telah memegang Rekor Dunia Guinness karena mengonsumsi roti paling banyak di seluruh dunia. Dengan lebih dari 104 kilogram konsumsi roti rata-rata, tidak ada negara yang bahkan mendekati Turki dalam hal memakan roti.

Turki dengan kuat memegang gelar ini selama beberapa waktu, dan sepertinya mereka akan terus memegang rekor tersebut dalam waktu lama.

Itulah beberapa negara pengonsumsi roti terbanyak di dunia. Roti memang makanan yang lezat dan sangat disukai orang di seluruh dunia. Apakah Anda salah satunya penggemarnya?