Cara Menghindari Overthinking Yang Buatmu Selalu Resah? Yuk, Rubah Dengan 4 Tips Ini!

Foto : Pinterest

Rancah.com – Pernahkan kamu merasakan ketika kamu ingin tidur kalian memikirkan apa saja yang sudah terjadi hari ini? Apakah kamu menyesal dengan apa yang kamu lakukan atau kamu malah mengkhawatirkan apa yang akan terjadi besok? Overthinking atau berpikir secara berlebihan pasti semua orang pernah mengalaminya.

Seseorang yang overthinking ia akan selalu berhati-hati setiap mengambil keputusan dan selalu memikirkan kemungkinan terburuk yang akan ia alami ketika melakukan sesuatu. Namun, kebiasaan overthinking ini akan menjadi kebiasaan yang buruk ketika kita hampir setiap hari berpikiran secara berlebihan dan dapat mengganggu kesehatan mental. Nah, untuk mengatasi kebiasaan ini apakah yang harus kita lakukan? Yuk, simak artikel dibawah ini.

  1. Ganti pemikiran negatif menjadi positif

“duh besok hari pertama masuk kerja, masih kaku banget ni sama teman kantor” pemikiran seperti ini harus kita ganti. Berbicaralah dengan diri sendiri dan ubahlah pemikiran sebelumnya menjadi “wah besok hari pertama, udah gak sabar nih ketemu teman baru, siapin topik obrolan deh biar lebih mudah akrab”. Kalimat negatif yang kamu ucapkan ganti menjadi kalimat positif yang dapat membuat perasaan kamu menjadi lebih tenang.

  1. Tantang kembali pemikiranmu dengan perspektif yang lain

Ketika kamu sudah memikirkan kemungkinan buruk yang mungkin akan terjadi sama kamu esok hari tanyakan kembali menggunakan sudut pandang yang berbeda. “ apa selama ini pemikiran aku salah ya?” “kayaknya aku salah deh, orang lain ga mikir gitu”.

  1. Alihkan dengan hal-hal yang menyenangkan

Mengalihkan pemikiran dengan hal-hal yang kamu sukai biasanya menjadi cara yang ampuh untuk mengatasi overthinking. Ketika kamu mulai overthinking alihkan perhatianmu dengan mendengarkan musik, menonton film, memasak, atau menceritakan masalah yang dihadapi dengan sahabat bisa menjadi pilihan untuk membuat pikiranmu menjadi lebih sederhana.

  1. Temukan cara untuk mengekspresikan perasaan dan pikiran negatifmu

Ekspresikan perasaanmu dapat melalui tulisan. Tulis dan gambarkan seperti apa pikiran dan emosi negatif tersebut. Setelah kamu menuliskannya, tulis hal hal positif yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi hal-hal negatif yang telah kamu tuliskan. Lakukan hal ini sebagai terapi rutin sehingga tidak ada perasaan negatif yang menumpuk di dalam pikiran dan hatimu.

Inilah hal-hal yang dapat kamu lakukan ketika kamu mengalami overthinking, jika kamu masih merasa kesulitan meskipun sudah menerapkan ini, kamu bisa berkonsultasi ke psikolog atau psikiater untuk mendapatkan terapi lebih lanjut.