Merasa Stress dan Panik Karena Dikejar Deadline? Mungkin Kalian Bisa Coba Tips ini!

Sinopsis Bad Education, Film Nyata Skandal Keuangan di Dunia Pendidikan

Dikejar-kejar oleh deadline membuat kamu stress dan akhirnya menyelesaikan pekerjaan dengan asal-asalan? Tentu itu bukan hal baik. Deadline bisa menjadi suatu hal yang sangat menyeramkan teruntuk beberapa bahkan banyak orang sehingga memunculkan tekanan yang bisa berujung stress. Berikut tips supaya anda  tidak stress dan tetap tenang ketika dikejar deadline.

Niat yang Kuat

Dalam melakukan suatu pekerjaan apapun itu,  niat yang kuat sangat penting. Niat sebagai langkah awal kita dalam mewujudkan banyak hal mulai dari hal kecil hingga besar. Niat bisa dijadikan pondasi dalam menguatkan diri  kita ketika merasa jenuh atau putus asa, maka dari itu niat sangat penting.

Atur Jadwal

Pengaturan jadwal dimulai dari manajemen waktu. Kemampuan manajemen waktu adalah  kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh setiap orang. Bukan hanya untuk melakukan pekerjaan atau suatu proyek saja tetapi segala aktivitas dari bangun tidur hingga tidur lagi harus diditata sedemikian rupa. Dengan adanya jadwal kita tidak akan terlambat atau melewatkan pekerjaan kita sehingga pekerjaan bisa selesai tepat waktu.

Jangan Menunda Pekerjaan

Menunda pekerjaan sekecil apapun akan berdampak sangat besar. Ketika anda menunda pekerjaan selama 5 menit saja maka itu memungkinkan anda kehilangan waktu dan akhirnya tidak bisa menyelesaikan pekerjaan sebelum deadline. Ditambah lagi pekerjaan yang datang terus menerus sedangkan pekerjaan sebelumnya belum terselesaikan akan mengakibatkan tekanan mental yang bisa berujung stress.

Mood yang baik

Mood yang baik membuat anda merasa lebih bersemangat dan akan lebih mudah untuk berpikir. Cobalah sekali-kali untuk keluar dari rumah mencari tempat yang nyaman, mungkin caffe atau alam yang  tenang yang dapat membuat mood anda bagus dan mengurangi stress. Jika tidak memungkinkan keluar rumah, hal yang paling sederhana seperti melakukan pekerjaan sambil ngemil jajanan kesukaan juga bisa membantu meningkatkan mood.

Tetap Tenang Jangan Gegabah

ketika sudah dikejar deadline maka yang ada dipikiran hanya pekerjaan ini selesai secepat mungkin. Itu adalah hal yang salah, karena dengan terburu-buru membuat hasil pekerjaan tidak maksimal. Cobalah  tenang kendalikan emosi anda dan berusaha tetap fokus kepada pekerjaan. Rileks dan coba motivasi diri anda supaya pekerjaan bisa terselesaikan dengan baik.

Motivasi external

Setelah anda memotivasi diri sendiri dengan niat yang kuat dan memunculkan mood yang bagus, motivasi external dari orang-orang terdekat sangat diperlukan. Tidak perlu suatu barang mahal atau suatu hal yang besar untuk memotivasi seseorang, cukup ucapan semangat yang sederhana akan membantu kondisi mental supaya mengurangi kembungkinan stress dan membuatnya bersemangat.

Pola hidup sehat

Jangan karena deadline yang dekat anda terus melembur hingga lupa makan atau begadang semalaman. Jika tubuh dalam kondisi kurang fit maka bisa saja anda jatuh sakit dan akan mengganggu pekerjaan anda. Coba bangun lebih pagi dan berolahraga ringan 15 menit seperti senam, yoga, atau lari-lari kecil. Olahraga akan membantu badan anda tetap sehat dan meningkatkan hormon endorin yang dapat meningkatkan mood baik. Kurangi makanan cepat saji dan perbanyak mengkonsumsi buah dan sayur.

Itu tadi hanya beberapa dari sekian banyak tips yang bisa anda terapkan dan semoga bermanfaat.