Cara Menurunkan Berat Badan yang Sehat

bbc.com

Rancah.com – Banyak program-program diet yang bisa kita temui di internet maupun dibuku-buku. Namun terkadang itu semua tidak berhasil membuat kita menurunkan berat badan. Seringkali berat badan kita malah jadi bertambah. Bagaimana cara efektif menurunkan berat badan?

1. Mengurangi porsi makan

Mengurangi porsi makan sedikit demi sedikit dapat membantu kita menurunkan berat badan secara teratur. Menurunkan berat badan yang sehat adalah dengan menurunkannya perlahan-lahan bukan dengan cepat. Tidak makan sama sekali bukanlah diet yang sehat. Selain berat badan kita akan dengan mudah naik lagi, tubuh kita pun menjadi tidak sehat.

2. Menyiapkan makanan sendiri (memasak)

Jika kita memasak sendiri, kita tahu bahan-bahan yang kita gunakan, mengatur porsi, kadar garam, gula atau santan dan pastinya lebih sehat daripada membeli makanan di luar.

3. Minum air putih minimal 2 liter sehari

Minum air putih yang cukup dapat membantu tubuh kita mencerna makanan dengan baik. Disarankan minum dua gelas setelah banngun tidur, segelas setiap sebelum makan, sisanya atur sendiri. Tetapi harus diingat juga jangan terlalu berlebihan mengonsumsi air. Maksimal 3-4 liter.

4. Disiplin diri

Jika kita tidak disiplin dengan diri sendiri, menurunkan berat badan adalah hal yang sulit bahkan tidak mungkin. Tidur yang cukup, makan makanan yang bergizi, berolahraga secara rutin, mengurangi gula dan jajan.

5. Tujuan yang tepat

Kebanyak orang ingin menurunkan berat badan dikarenakan orang lain. Orang lain bukanlah motivasi terbaik karena bisa jadi kita akan kecewa dengan orang tersebut. Seringkali ini menyebabkan naiknya berat badan. Motivasi terbaik untuk menurunkan berat badan adalah diri sendiri : ingin menjadi lebih sehat, lebih percaya diri, dll. Karena kitalah yang mengontrol diri kita.

Selamat mencoba dan semoga berhasil!