Hidupkan Budaya Literasi, Agar Generasi Terus Berinovasi

Rancah.com – Cita cita suatu bangsa terletak pada semangat generasi bangsa yang berada pada jiwa pemuda dan pemudi indonesia. Budaya literasi merupakan suatu hal yang harus di hidupkan di generasi sekarang salah satu tujuannya unuk meningkatkan minat baca para pemuda.

Literasi merupakan suatu kegiatan yang positif yang sangat membantu anak muda mengembangkan pengetahuannya melalui membaca. Melalui membaca kita bisa mengenal dunia. Anak muda sekarang sangat kurang minat terhadap membaca, apa lagi di zaman yang serba canggih ini, orang lebih banyak asyik bermain handphone ketimbang membaca buku.

Tentunya tidak hanya itu secara tidak langsung handphone bisa membuat kita menjadi malas. Namu hal yang lebih penting dari hadirnya teknologi ini ialah bagaimana kita bisa memanfaatkan teknologi dengan sebaik-baiknya, jangan sampai kita dikendalikan oleh teknologi.

Generasi penerus bangsa harus mampu berinovasi,memikirkan hal yang kreatif yang belum pernah di lakukan maka kita yang haus melakukannya, begitu pun sebaliknya, hal yang telah kita lakukan harus mampu kita kembangkan agar sistem ini terus berjalan sampai titik puncak kejayaan. Inovasi sendiri merupakan suatu bentuk upaya mengembangkan produk yang sebelumnya telah ada sehingga bisa menmbulkan suatu hal yang baru dari produk tersbut.

Banyak sekali hal hal yang harus kita jawab sebagai tantangan kedepannya. Sebagai orang yang mampu membawa perubahan kita harus bisa menjawab tantangan globalisasi yang setiap hari merambah dalam kehidupan kita, jangan mau hanya menjadi seorang penoton.

Budaya literasi juga sering dilakukan oleh teman teman mahasiswa kita khususnya di daerah tanjungpinang yang dilakukan setiap hari minggu, kegiatan in juga banyak di minati oleh kaum pelajar.

Indonesia sangat membutuhkan anak muda yang mempunyai pemikiran yang cerdas, pemikiran yang cerdas tentu saja tidak mudah kita dapatkan butuh proses yang panjang untuk melewai semuaa itu.

Banyak sekali yang bisa kita dapatkan melalui kegiatan literasi ini terutama untuk mengasah otak kita agar mampu menguasi segala hal, mulai dari menulis, membaca dan lain sebagainya. Saya berharap kitsa sebagai anak muda mampu menghidupkan budaya literasi ini untuk mecerdaskan kehidupan bangsa ini.