Tempat Terbaik untuk Membaca Buku sambil Bersantai di Kota Denpasar

Rancah.com – Mencari tempat yang nyaman untuk bersantai sambil membaca buku dengan kondisi yang tenang, di ibukota provinsi memang sulit untuk ditemukan. Apalagi ibukota provinsi sebagai jantungnya pusat perekonomian suatu daerah pasti akan selalu menghasilkan kebisingan dari berbagai suara. Sehingga mustahil untuk menemukan tempat seperti itu. Namun, ternyata di Kota Denpasar kita dapat menemukan tempat seperti yang diinginkan di atas. Tempat ini dikenal dengan nama Taman Baca Kesiman. Di mana tempat ini sangat nyaman untuk bersantai sambil membaca buku dengan suasana yang tenang. Taman baca ini berlokasi di Jalan Sedap Malam, Kesiman, Kota Denpasar. Adapun jarak tempuh dari Pusat Kota Denpasar menuju lokasi Taman Baca Kesiman sekitar 8,2 km, dengan waktu tempuh sekitar 15 menit.

Gambar Depan Taman Baca Kesiman

Gambar Suasana di Taman Baca Kesiman
Taman baca ini didirikan oleh Agung Alit dan Hani Duarsa. Adapun koleksi buku di Taman Baca Kesiman mencapai sekitar 4.000 judul buku dan semua gratis untuk dibaca oleh masyarakat umum. Jenis bukunya sangat bervariasi, mulai dari buku fiksi ataupun non-fiksi. Untuk jam operasional taman baca ini mulai pukul 10.00 WITA – 19.00 WITA. Tujuan utama pendirian Taman Baca Kesiman adalah untuk mengembangkan kebudayaan literasi dan penyebarluasan bacaan. Membaca buku di sini sangat nyaman, tenang, dan jauh dari suara kebisingan. Udara sejuk dan berbagai jenis tanaman di sekitar taman baca menambah daya tarik untuk membaca buku di sini.

Gambar Tampak Depan Ruang Baca

Gambar Tampak Dalam Ruang Baca

Gambar Koleksi Buku di Taman Baca Kesiman
Di sini terdapat café atau warung makan dengan nama Dapur TBK, yang menyediakan berbagai jenis makanan dan minuman. Sambil membaca buku pengunjung juga dapat menikmati menu di warung makan tersebut. Jadi, pengunjung tidak perlu takut kelaparan di kala membaca buku. Adapun kisaran harga makanan di sini mulai dari harga Rp 7.000 – Rp 20.000, dengan menu pisang goreng, lalapan ayam goreng, nasi goreng, kentang goreng, mie goreng, dan lain sebagainya. Sedangkan, untuk kisaran harga minuman mulai dari Rp 5.000 – Rp 25.000, dengan menu es teh, wedang jahe, soft drink, kopi, jus buah naga, jus alpukat, dan sebagainya. Kebetulan saya memesan lalapan ayam goreng dengan harga Rp 20.000 dan es teh seharga Rp 7.000. Rasa dan porsi makanan sangat memuaskan dan sangat direkomendasi. Tempat makan di sini pun sangat luas dan nyaman, serta instagramable. Selain tempat makan, di sana juga terdapat taman yang luas untuk tempat pertunjukkan dan lahan yang dikhususkan untuk belajar berkebun secara organik.

Gambar Tampak Depan Warung Makan di Taman Baca Kesiman
Taman Baca Kesiman sering mengadakan kegiatan-kegiatan yang berbasis komunitas, seperti bedah buku, pemutaran film, acara musik, dan lain sebagainya. Tempat ini sangat cocok sebagai tempat bersantai sambil membaca buku, baik bersama keluarga maupun bersama teman. Tidak ada biaya masuk untuk dapat menikmati fasilitas di Taman Baca Kesiman ini. Pengunjung juga dapat mendonasikan buku ke Taman Baca Kesiman, dengan memberikan donasi buku kepada pengelola taman baca. Hal ini diharapkan mampu membantu pengelola dalam menambah jumlah koleksi buku. Diingatkan bagi yang ingin mendonasikan buku, diharapkan buku masih layak baca dan kondisi buku masih bagus. Jadi, bagi kalian yang ingin mencari tempat bersantai sambil membaca buku dengan suasana yang tenang, Taman Baca Kesiman dapat dimasukkan ke dalam daftar kunjungan.