Motivasi Internal, Sumber Energi yang Tak Pernah Habis

Rancah.com – Apa sesungguhnya yang membuat seseorang mau dan bahkan bersemangat melakukan sesuatu? Ada orang yang memilih suatu pekerjaan dikarenakan imbalan yang diterima menurutnya menarik. Ada juga yang melakukan sesuatu karena untuk menghindari konsekuensi buruk seandainya hal itu tidak dilakukan. Kedua jenis motivasi di atas bersumber dari luar. Sebut saja motivasi eksternal.

Tapi ada juga sumber motivasi lain, yang disebut motivasi internal. Misalkan seseorang berbisnis bukan karena mengharapkan keuntungan ataupun menghindari kerugian. Meskipun ia sadar akan hal itu, namun itu semua hanya “efek sampingan” dari motivasi yang menggerakan dia untuk berbisnis. Lalu apa yang jadi motivasinya? Ya orang ini ternyata memang senang saja melakukan aktivitas bisnis. Masalah untung-rugi tidak mempengaruhi secara signifikan semangatnya untuk berbisnis. Memang bawaannya senang berbisnis. Tidak ada tujuan lain yang lebih besar daripada berbisnis itu sendiri.

Itulah motivasi internal. Dan daya geraknya jauh lebih dahsyat daripada motivasi eksternal. Mengapa demikian? Karena semangatnya tidak akan terpengaruh oleh situasi maupun kondisi luar atau lingkungannya. Dia mendapatkan energi yang besar dari melakukan aktivitas itu sendiri. Ia tidak mengharapkan sesuatu yang belum ia miliki, sehingga fokus perhatiannya seratus persen dicurahkan pada hal yang ia kerjakan dengan senang hati.

Sumber foto: jordice.com

Jadi, dengan bermodalkan motivasi internal, kita tidak akan kecewa dengan hasil apapun yang terjadi nantinya. Karena dalam perbuatan melakukan pekerjaan itu sendiri pun kita seolah sudah mendapat imbalan secara otomatis, berupa kesenangan dan kebahagiaan. Kalaupun ternyata berhasil, ya itu bonus tambahan saja. Apabila gagal, ya tidak masalah, tinggal lakukan evaluasi secukupnya, lalu kembali kerjakan dengan penuh semangat.

Nah, tugas kita sekarang adalah mengidentifikasi pekerjaan apa yang sekiranya membuat kita bersemangat dalam proses kegiatan pengerjaannya itu sendiri. Atau, bisa juga dengan menemukan aspek apa yang bisa membuat kita senang melakukan pekerjaan yang sekarang tengah kita geluti. Karena sumber motivasi internal ini tak akan pernah habis, dan akan membuat kita tangguh serta tak kenal kata lelah apalagi menyerah, maka mencarinya dalam diri kita adalah sesuatu yang sangat berharga untuk ditemukan.

Semangat!

– – –
Artikel terkait:
Jangan Batasi Diri, Lakukan Kreasi dan Temukan Hal Baru