Nikmati Momen dan Akses Kebahagiaan Sejati

Rancah.com – Di zaman yang serba modern saat ini, banyak orang yang tertimpa permasalahan psikologis. Misalnya, depresi, stress, cemas berlebihan, sedih berkepanjangan, dan lain sebagainya. Sibuk dengan berbagai urusan yang seolah tak ada ujungnya. Yang satu belum selesai, urusan yang lain sudah minta diperhatikan. Seolah waktu yang tersedia untuk mengambil nafas pun sedemikian sempit.

Tak heran bila efeknya secara umum banyak orang yang ditimpa keresahan. Anak-anak tidak betah di rumah. Para orangtua sama-sama bekerja penuh waktu. Tak ada lagi kesempatan untuk bermain bersama keluarga. Sepertinya zaman telah merampas waktu luang, sehingga menjadikannya sebagai kemewahan yang sedemikian mahal untuk dimiliki. Sehari semalam 24 jam seperti terlalu sebentar, tidak pernah cukup untuk mengerjakan tugas-tugas yang tak pernah habis.

(Sumber foto: elpais.com)

Lalu, apa harus kita lakukan? Bagaimana cara untuk keluar dari jebakan tersebut? Salah satu metode paling sederhana adalah dengan “menikmati momen”. Yakni dengan mengambil kendali penuh atas kesadaran kita kapan pun, di mana pun, dan apapun yang sedang kita kerjakan. Hadirkan jiwa kita pada momen saat ini, kesekarangan, “nowness”, sampai kita bisa merasakan kepenuhan, keutuhan diri, meski sesibuk apapun kita. Perhatian kita tak terbelah, pada momen sekarang, di tempat kita berada, dengan sepenuh hati dan jiwa. Sehingga kebahagiaan pun bisa selalu kita akses dalam kekinian dan kesekarangan.

Hiduplah secara penuh dan utuh di saat ini. Karena ketakutan dan kecemasan baru akan muncul ketika kita memikirkan masa depan. Sedangkan kesedihan dan trauma itu hanya muncul ketika kita memikirkan masa lalu. Adapun bila saja kita bisa fokus pada masa kini, saat ini, akan kita sadari bahwa tidak ada masalah serius apapun yang perlu membuat kita sengsara. Saat ini semuanya baik-baik saja. Sedemikian banyak karunia dan anugerah yang bisa kita syukuri. Rasakan nikmatnya bernafas dari detik ke detik, kebahagiaan dari sehatnya tubuh kita, tercukupinya demikian banyak kebutuhan kita, dan demikian melimpahnya berbagai keinginan kita yang sesungguhnya telah kita capai selama ini.

Bila kita bisa melakukan ini, senantiasa menikmati momen dari saat ke saat, berlangsung terus dari hari ke hari, minggu ke minggu, hingga seterusnya, maka efeknya kita akan senantiasa merasakan kepenuhan jiwa, selalu senang dan bahagia menjalani hari-hari. Akibatnya, orang-orang di sekeliling kita pun akan turut merasakan pancaran aura kebahagiaan kita. Sehingga rasa tenang pun akan menular kepada orang-orang yang kita cintai. Anak-anak kita, orangtua, tetangga, rekan kerja, dan setiap orang yang kita temui pun akan turut merasakan efeknya.

Jadilah manusia seutuhnya dengan cara senantiasa menikmati anugerah momen saat ini setiap saat. Dan sebarkan kebahagiaan dengan memulainya dari diri kita sendiri. Sehingga kita pun berangsur-angsur menjadi agen penyebar cinta, kebahagiaan dan ketenangan. Menjadi sumber solusi psikologis bagi zaman modern yang perlu kita benahi bersama. Sederhana, namun efektif.

– – –
Artikel terkait:
Motivasi Internal, Sumber Energi Yang Tak Pernah Habis
Jangan Batasi Diri, Lakukan Kreasi dan Temukan Hal Baru