Jaga Keseimbangan, Jangan Tersandera Oleh Teknologi

Rancah.com – Rasa-rasanya hampir mustahil bagi kita di hari ini untuk tidak bersentuhan dengan gadget atau smart phone walau hanya sehari. Hal ini karena untuk selalu terhubung dengan orang-orang yang kita kenal di dunia maya seperti sudah menjadi sebuah kebutuhan. Atau untuk memantau berita perkembangan dunia melalui situs-situs berita yang ada di internet. Sepertinya sehari tanpa HP akan membuat kita ketinggalan zaman. Hidup kita jadi terasa aneh. Seolah-olah kita bolos dari sekolah maya, membuat kita tidak update dengan perkembangan terbaru yang terjadi di dunia nyata.

Memang dunia global saat ini pada kenyataannya saling terhubung dengan adanya teknologi informasi yang namanya internet. Sesuatu yang terjadi di suatu tempat akan mempengaruhi belahan dunia lain. Karenanya kita mau tidak mau mesti menerima kenyataan ini. Tapi mestikah kita tersandera oleh kecanggihan yang dicapai manusia modern, dengan mengorbankan harga yang terlalu mahal untuknya? Yakni mengorbankan hal-hal yang sesungguhnya lebih penting dan terkait langsung dengan kehidupan kita?

Meski bukan berarti mesti membuang HP kita begitu saja, setidaknya kita bisa menjaga keseimbangan antara aktivitas dunia maya dengan dunia nyata. Jangan sampai orang-orang terdekat kita merasa tersisihkan karena kita terlalu asyik ber-HP ria. Karena nanti pada akhirnya kita sendiri yang akan menyesal. Dan memang penyesalan selalunya akan datang belakangan. Jangan sampai kita terlambat untuk menyadarinya.

(Sumber foto: hellosehat.com)

Manfaatkanlah teknologi yang ada sebaik-baiknya dengan bijak. Jadikan ia sebagai pelengkap kebaikan hidup kita, bukan sebagai sesuatu yang utama. Tetapkanlah prioritas sebagaimana yang seharusnya. Karena waktu kita terbatas, jangan sampai tersita dan terbuang begitu saja sehingga kita kehilangan momen-momen yang berharga bersama keluarga, teman, kerabat, dan handai taulan.

Ada satu trik yang bisa coba kita praktekkan untuk berlatih membatasi ketergantungan pada gadget. Yakni setiap kali HP kita habis baterai, cobalah kita charge HP tersebut dengan sambil mematikannya. Jangan sentuh sama sekali sampai baterainya penuh kembali 100%. Biasakan terus hal tersebut sampai kita menyadari bahwa ternyata beberapa jam tanpa memegang HP tidak akan membuat kita sengsara. Sedikit demi sedikit kita pun akan bisa lebih menghargai kehidupan nyata ketimbang berinteraksi melalui gadget yang sesungguhnya adalah benda mati.

Karena manusia adalah makhluk hidup yang memiliki perasaan, maka kita pun jangan lupa memberi makan kebutuhan emosional kita. Dan itu hanya dapat dipenuhi melalui interaksi langsung tatap muka dengan manusia nyata juga. Jadi, jangan korbankan kebahagiaan Anda dan orang-orang yang Anda sayangi hanya akibat kelengahan kita dalam menjaga keseimbangan hidup. Dalam hal apapun, segala sesuatu yang berlebihan akan menimbulkan efek negatif. Maka bijak-bijaklah selalu dalam memilih pilihan-pilihan hidup yang tersedia.

Bukan berarti kita tidak boleh ber-internet ria. Hanya saja kita mesti sadar bahwa teknologi hanyalah sekedar sarana yang diciptakan untuk kebahagiaan kita. Maka jangan sampai kita diperalat oleh teknologi. Intinya, marilah kita selalu menjaga keseimbangan.

– – –
Artikel terkait:
Nikmati Momen, dan Akses Kebahagiaan Sejati
Motivasi Internal, Sumber Energi Yang Tak Pernah Habis
Jangan Batasi Diri, Lakukan Kreasi dan Temukan Hal Baru