Lika Liku Perjalanan Hidup Manusia

Rancah.com – Orang bilang hidup itu seperti roda, kadang kita berada di atas, kadang di bawah. Tidak selamanya kita senang, juga tidak selamanya kita susah. Kalau kita perhatikan bagaimana perjalanan hidup siapapun, niscaya kita akan temukan itu. Ada saatnya ia mesti bersusah payah demi mempertahankan hidup, namun di saat lain ia bisa lebih tenang menuai hasilnya. Memang hidup itu tidak terlepas dari hukum kausalitas, sebab-akibat. Apa yang kita tanam, itu pula yang akan kita tuai.

Ada peribahasa “Barangsiapa menabur angin, ia akan menuai badai.” Artinya, bila kita dalam keseharian hanya berbuat sesuatu yang tidak baik, jangan heran kalau kita pada akhirnya akan menerima hasil berupa kesulitan-kesulitan yang bertumpuk-tumpuk. Di mana tumpukan tersebut hanyalah akumulasi dari perbuatan kita selama ini. Demikian halnya pula bila yang kita biasakan untuk perbuat adalah hal-hal baik. Maka kita pun akan menerima tumpukan kebaikan nantinya.

Sumber foto: busy.org

Namun, tak jarang pula kita saksikan sesuatu yang sepertinya ganjil. Di mana seseorang sepanjang hidupnya berbuat baik, namun yang dialaminya justru kehidupan yang penuh dengan kesulitan-kesulitan. Atau musibah yang datang bertubi-tubi. Lantas bagaimana menjelaskan fenomena ini? Atau sebaliknya, seseorang yang sepanjang hidupnya berbuat buruk, namun justru yang diterimanya adalah berbagai kemudahan hidup. Apakah hidup ini tidak adil? Apakah hukum kausalitas tidak berlaku dalam kasus tersebut?

Tentu bukan berarti hidup tidak adil. Hanya saja mungkin kita belum mengetahui cerita hidupnya secara utuh hingga selesai. Atau kita hanya mampu melihat sesuatu di permukaannya saja. Barangkali kalau kita melihat lebih dalam, orang baik yang seolah ditimpa kesulitan itu memperoleh banyak kebaikan dari sisi-sisi lain yang tak pernah kita sangka sebelumnya. Mungkin dari sisi kesehatan jiwa, kepuasan batin, keturunan yang baik, dan lain-lain. Sementara orang jahat yang diberi berbagai kemudahan hidup itu di kedalaman hatinya merasa hampa dalam menjalani hidup, dan sebagainya.

Maka, jangan pernah bosan menjadi orang baik dan selalulah menebar kebaikan. Karena hidup akan tetap berjalan dengan hukum kausalitas. Dan yang mesti diingat bahwa hidup ini tidak hanya punya satu dimensi. Melainkan ada demikian banyak aspek dalam hidup. Kalau kita kurang beruntung dari satu sisi, masih banyak pintu lain yang terbuka bagi kita.

– – –

Artikel lainnya:

Jaga Keseimbangan, Jangan Tersandera Oleh Teknologi

Nikmati Momen dan Akses Kebahagiaan Sejati

Motivasi Internal, Sumber Energi Yang Tak Pernah Habis