5 Macam Jenis Karat pada Emas, Cocok untuk investasi

Rancah.com – Emas adalah salah satu barang yang kini menjadi incaran untuk investasi. Harganya yang terus naik menjadikan emas menjadi salah satu pilihan. Namun kadang kita masih bingung akan memilih karat yang tepat, baik untuk perhiasaan saja atau sekaligus investasi. Untuk berikut adalah arti dari karat yang ada pada emas agar tak bingung lagi memilih karat yang tepat.

Sebelum membahas jenis-jenis karat, ada baiknya mengerti arti karat. Karat adalah satuan murni untuk emas. Karat diambil dari koin emas Jerman yang digunakan 1000 tahun yang lalu. Kini karat sangat erat kaitannya dengan pembelian emas. Nah, karat emas sendiri dibagi menjadi 5 berikut adalah rinciannya.


1. 24 karat

Jenis emas dengan karat 24 adalah jenis emas yang murni. Warnanya kuning pekat dan cocok untuk investasi. Namun kekurangannya emas dengan 24 karat tidak bisa digunakan sebagai perhiasan karena terlalu lunak.

2. 22 karat

Emas dengan kadar 22 karat memiliki arti 22/24, dimana 91,7% emas dicampur dengan  8% bahan logam lainnya. Bahan yang biasa dicampurkan diantaranya nikel, permata dan lain sebagainya. Walaupun agak keras dibandingkan 24 karat, emas 22 karat terlalu lunak dan rawan goresan jika dijadikan perhiasan.

3. 18 karat

Emas 18 karat memiliki arti 18/24 artinya 75% emas dan dicampur dengan 25% bahan seperti perak ataupun tembaga. Untuk kadar 18 karat sudah bisa dibuat perhiasan namun cocoknya untuk perhiasaan yang jarang terbentur seperti kalung atau anting-anting.

4.  14 karat

Emas dengan kadar 14 karat memiliki makna 14/24 yang artinya 58,3% emas murni dan 41,7% bahan logam lainnya. Sama halnya kadar 18 karat, untuk 14 karat cocok untuk dibuat perhiasaan. Emas kadar 14 karat juga pas untuk digunakan bagi pengguna yang aktif.

5. 10 karat

Emas dengan kadar 10 karat memiliki makna 10/24 yang artinya 41,7% emas murni dan sisanya logam yang lain. Emas dengan kadar 10 karat merupakan emas paling murah. Dimana emas dengan 10 karat kokoh, tidak lunak dan tidak mudah tertekuk atau tergores.

Nah itu adalah 5 jenis emas yang ada di dunia. Dengan mengerti jenis karat tentu akan membuatmu mudah memperkirakan baiknya untuk investasi berapa karat atau untuk perhiasan berapa karat.



    KOMENTAR