7 Tips Kulit Flawless Meski Tanpa Makeup

Rancah.com – Ingin kulit wajah tetap cantik berseri meski tanpa makeup? terlihat lebih bersih dan cerah? berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan di rumah.

1. Double cleansing

Membersihkan wajah tidak hanya sekali tetapi double cleansing diperlukan agar mengangkat kotoran lebih bersih dibanding cuma sekali. langkah pertama gunakan micellar water atau cleansing balm untuk mengangkat makeup yang water proof kemudian langkah kedua gunakan  sabun pencuci wajah untuk membersihkan makeup yang tersisa.

                                                                                  sumber:www.pexel.com
2.Exfoliasi 2 kali seminggu

Mencuci muka dengan sabun cuci muka saja tidak cukup karena sel kulit mati lebih ampuh dibersihkan dengann metode exfoliating. Exfoliasi kulit bisa dengan physical & chemical peeling. di mana 2 metode tersebut memiliki cara yang berbeda. Physical  exfoliating dilakukan dengan cara menggosok ke kulit dengan menggunakan alat sedangkan chemical sendiri dengan cara mengggunakan bahan seperti scrub yang bertextur agak kasar, gunakan 2 kali dalam seminggu agar sel kulit mati bisa terangkat. Sangat disarankan untuk kamu yang sering menggunakan makeup.

                                                                     sumber:www.womenhealthmag.com
3. Gunakan Hidrating Toner

Toner dipakai setelah double cleansing dengan tujuan mengangkat makeup yang biasanya masih tersisa .Tujuan Hydrating toner sendiri agar kulit dipersiapkan untuk melanjut ke step berikutnya,kulit lebih lembab dan terhidrasi  tetapi hydrating toner sendiri bisa menyebabkan jerawat jika tidak sesuai jenis kulit.

4. Gunakan serum

Serum sendiri memiliki fungsi untuk memberi kelembapan dan menjaga kulit dari kekeringan, pilih serum yang memiliki kandungan sesuai jenis kebutuhan kulit seperti untuk mencerahkan pilih yang berbahan Niacimide, Centella Asiatica lebih untuk kulit berjerawat.

                                                                                 sumber:www.pexels.com
5. Sheet mask atau masker

Sheet mask dipergunakan untuk menjaga kelembapan kulit, pilih dengan kandungan bahan alami yang cocok dengan jenis kulit kita, sheet mask berbentuk lembaran dan lansung tempel jadi tergolong ringkas, namun penggunaannya hanya sekali pakai ya. Sedangkan masker biasa ada yang berbentuk clay mask, cream mask dan peel off mask yang memiliki perbedaan masing-masing,penggunaan masker sendiri sebaiknya 2 kali dalam seminggu.

                                                                             sumber:https.thegagaler.com
6.Moisturizer(pelembab)

Mengunci kelembapan kulit setelah penggunaan masker serta berguna untuk mengatasi kekeringan pada kulit, tidak hanya kulit kering yang butuh pelembap tetapi juga pada kulit berjerawat. Selalu pilih pelembab yang sesuai jenis kulit ya !

                                                                                sumber:www.pexels.com
7. Hindari stres dan makan makanan yang bergizi

Upayakan untuk menghindari stres karena dampak stres bisa mempengaruhi elastisitas kulit jadi sempatkanlah untuk berolahraga. Pola makan pun akan berpengaruh besar terhadap kondisi kulit, perbanyak konsumsi sayuran, kurangi gula dan garam serta perbanyak minum air putih

                                                                                sumber:www.pexels.com

Dari 7 tips di atas yang mana yang paling sering kamu lakukan ? jangan lupa tips di atas tidak akan berhasil jika tidak dilakukan secara rutin dan niat ya,karena kunci kulit cantik tergantung bagaimana kita menjaga dan merawatnya.