6 Manfaat Jogging di Sore Hari

6 Manfaat Jogging di Sore Hari
Foto : Ilustrasi lari sore (pixbay)

Rancah.com – Sebagian orang memulai bekerja di pagi hari, sehingga terkadang meninggalkan aktivitas berolahraga. Meskipun hanya untuk jogging di sekitaran halaman rumah. Jangan khawatir sesibuk apapun, anda dapat menyisihkan waktu untuk berolahraga di sore hari. Ternyata waktu kapan-pun anda berolahraga tidak mempengaruhi dari manfaat yang didapatkan ketika anda sedang berolahraga.

Walau faktanya saat ini, belum ditemukan penelitian yang mengatakan bahwa lari pada waktu tertentu, khususnya di sore hari, memberikan efek lebih pada kesehatan dibandingkan dengan lari di waktu yang lain. Waktu yang paling efektif untuk berolahraga yaitu ketika anda melakukannya secara konsisten sehingga menjadi sebuah kebiasaan rutin yang sulit untuk ditinggalkan setiap harinya. Untuk lebih jelasnya berikut hasil penelitian dan pendapat dari beberapa ahli yang membahas tentang manfaat lari di sore hari. Mari simak apa sajakah itu?

  1. Jauh Lebih Efektif

Jogging di sore hari dapat membuat performa tubuh lebih meningkat ketimbang jogging di pagi hari. Hal ini karena salah satu penelitan mengatakan bahwa tubuh manusia cenderung meningkat pada waktu sekitar jam 4 sore hingga jam 7 malam. Jadi pada saat itulah tubuh anda menjadi lebih prima, terutama dalam berakivitas yang berat tentunya.

  1. Mengurangi Resiko Cedera Saat Lari

Berolahraga di sore hari juga dapat mengurangi resiko terjadinya cedera. Hal ini di pengaruhi oleh beberapa faktor yaitu, kondisi detak jantung dan tekanan darah yang rendah, dan juga otot-otot tubuh yang lebih fleksibel di sore hari, sehingga dapat mengurangi resiko terjadinya cedera pada tubuh anda.

  1. Membantu Menghilangkan Stres

Aktivitas yang begitu padat di pagi hari saat bekerja hingga sepulangan kerja membuat waktu sore hari lebih cocok untuk dijadikan berolahraga. Pada waktu sore hari inilah sebagian orang menggunakan waktunya untuk berolahraga, selain dapat membantu menghilangkan stres, juga dapat memberikan efek kebahagian dan kepuasaan.

Saat sedang berolahraga di sore hari anda akan jauh lebih tenang, rileks, dan senang, hal ini dipicu oleh hormon endorfin yang bereaksi pada tubuh anda. Dengan demikian anda akan jauh lebih sehat dan tentunya tidak stres lagi.

  1. Kualitas Tidur Meningkat

Berolaharga di sore hari dapat membuat kualitas tidur anda lebih meningkat, anda akan lebih nyenyak dan terhindar dari insomnia. Bagi anda yang sulit untuk tidur di malam hari ada baiknya mulai sekarang membiasakan diri untuk berolahraga di sore hari. Tapi ingat sebelum tidur jangan beraktivitas yang berat-berat selama dua jam.  Sebelum tidur biarkan tubuh anda rileks dan nyaman selama dua jam sehingga membuat anda lebih cepat untuk terlelap.

  1. Terhindar Dari Panas Yang Terik

Sinar matahari yang begitu terik akan membuat anda tidak begitu nyaman saat berolahraga, apalagi mereka yang merawat kulitnya. Nah waktu sore hari inilah adalah waktu yang pas untuk berolahraga. Sinar matahari pada sore hari yang lebih rendah dibandingkan saat pagi atau siang hari dapat membuat anda lebih nyaman.

  1. Lebih Aman

Berolahraga di sore hari juga dirasa jauh lebih aman daripada berolahraga di pagi hari atau siang hari. Hal ini karena aktivitas lalu lintas yang tidak begitu padat saat di pagi hari dan siang hari kecuali, hari libur dibandingkan dengan sore hari. Apalagi jika anda lebih memilih jogging di pinggiran jalan.

Nah itulah beberapa manfaat dari para ahli mengenai olahraga di sore hari. Kapanpun anda olahraga yang terpenting lakukanlah secara konsisten, supaya anda dapat menikmati manfaatnya secara optimal. Olahraga apapun yang kalian pilih pastikan anda nyaman melakukannya dan tidak memberatkan anda. Terima kasih telah membaca dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman kalian ya.