Hal yang Bisa Dipelajari dari Orang Jepang Saat Melewati Pandemi Corona

Pandemi Corona

Hampir semua negara saat ini mengalami musibah karena adanya pandemi corona tak terkecuali negara kita Indonesia yang juga terkena virus corona, apalagi Indonesia merupakan negara yang banyak penduduknya sehingga penyebaran virus ini tak bisa dihindari lagi. Masyarakat kini mobilitasnya terbatas, sesuai aturan dan anjuran yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk menjalani PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) yang membuat kita harus melakukan berbagai aktivitas dari rumah seperti bekerja dari rumah, belajar dari rumah, berdagang pun dari rumah. Namun tidak semua masyarakat kita patuh untuk diam di rumah saja banyak masyarakat yang tidak memperdulikan anjuran pemerintah, banyak dijumpai di tempat umum masyarakat yang berkerumun, di mall, dan juga di café tidak memakai masker dan kontak fisik. Masyarakat yang tidak taat ini membuat penyebaran virus corona di Indonesia semakin naik, dari bulan Maret sampai sekarang grafik orang yang positif terkena corona semakin meningkat sekarang sudah mencapai di angka 20ribuan.

Lantas bagaimana yang harus kita lakukan sekarang, melihat negara lain juga yang terkena virus corona ini grafiknya sekarang berangsur turun seperti negara Jepang, Jepang telah melewati masa puncak virus corona, lalu bagaimana Jepang bisa terhitung cepat dalam penurunan angka positif virus corona ini? Selain adanya kebijakan pemerintah ternyata hal-hal yang harus diterapkan untuk mencegah virus corona ini sudah diterapkan atau dipraktikan oleh orang Jepang sejak kecil sehingga hal-hal tersebut sudah menjadi budaya di Jepang. Kita bisa meniru kebiasaan mereka, lalu apa saja yang dilakukan mereka?

  1. Cuci tangan

Cuci tangan sudah menjadi kebiasaan sehari-hari mereka, sebelum dan sesudah berkegiatan mereka umumnya langsung mencuci tangan, kesadaran akan kebersihan sangatlah tinggi bagi orang Jepang.

  1. Memakai masker ketika keluar rumah

Masker sudah menjadi benda yang selalu dibawa oleh mereka pada saat keluar rumah, pergi ke sekolah, atau ke kantor. Budaya ini akan membantu menghentikan penyebaran virus.

  1. Tidak berjabat tangan

Di Jepang jika kita bertemu dengan seseorang yang kita kenal lalu kita ingin menyapanya, mereka tidak berjabat tangan namun hanya membungkuk dan menyampaikan sapaan sehingga tidak ada kontak fisik, ini sudah menjadi budaya.

  1. Tidak membuang sampah sembarangan

Budaya ini sudah ditanamkan sejak mereka kecil, sehingga mereka sudah terbiasa melakukan hal-hal yang membuat lingkungan sekitarnya bersih dan terhindar dari segala penyakit.

  1. Menjaga asupan makan

Mereka hidup dengan teratur tak terkecuali dari segi makanan, pola hidup yang bersih dan sehat disertai makan makanan yang bergizi membuat imun atau daya tahan tubuh mereka bagus sehingga tidak rentan terkena penyakit atau virus.