3 Latihan Ringan Sebelum Memulai Aktivitas Harian

3 Latihan Ringan Sebelum Memulai Aktivitas Harian
Foto : ilustrasi latihan kebugaran (pixbay) 

Rancah.com – Banyak orang di dunia saat ini tidak menyadari betapa pentingnya menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh, sehingga kesibukan yang padat melewatkan mereka untuk selalu tampil bugar dan prima. Padahal tubuh yang bugar dan prima akan membuat kita selalu dalam keadaan siap menjalani aktivitas harian. Apalagi sekarang diberlakukannya new normal, kebiasan baru dengan lingkungan yang agak sedikit berubah mengharuskan kita untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitar, akan tetapi hal ini tidak menjadi sebuah alasan bagi kita yang sudah mulai bekerja seperti biasa.

Selain menjaga tubuh dari berbagai macam penyakit terutama virus covid-19, kita juga diharuskan sehat dalam setiap kesempatan di lingkungan kerja. Sebelum memulai aktivitas yang padat, menyisihkan waktu untuk sedikit melakukan olahraga ringan akan membuat tubuh kita siap dan juga tampil prima. Nah, dengan melakukan tiga latihan ringan ini sebelum memulai aktivitas kita sudah cukup menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh kita, Apalagi latihan ini bisa kalian lakukan di rumah. Simpel kan, Apa saja olahraganya? Yuk mari kita simak.

  1. Three-Up

Three-up adalah latihan yang terdiri dari push-up, sit-up, dan pull-up. Ketiga jenis latihan ini dapat kalian lakukan setiap hari di rumah, caranyapun terbilang mudah, cukup kalian tetapkan berapa set-per latihan. Misalkan; 10 push-up, 10 sit-up dan 10 pull-up untuk jangka waktu 1 minggu per-hari atau 2 minggu per-hari yang terpenting melakukannya secara kontinyu. Penting untuk kalian tidak terburu-buru untuk menaikkan set-per latihan, supaya otot-otot kalian tidak terlalu tegang dan kelelahan. Nah, kalo sudah kecapekan saat melakukan Three-Up, aktivitas padat pun akan terganggu.

  1. Loncat 5 menit

Ini adalah latihan yang cukup mudah untuk dilakukan, hanya luangkan waktu selama 5 menit untuk melakukan loncatan terus-menerus sampai waktu habis, cara kerjanya seperti kalian skiping tapi tidak menggunakan tali. Latihan ini sangat fleksibel dengan memadukan gerakan-gerakan lain saat melakukan loncatan, juga dapat berpindah tempat sesuai keinginan dan mood kalian.

  1. Peregangan Leher

Gerakan ini juga sangat simpel. Cukup kalian melakukan gerakan kepala ke-kanan dan ke-kiri, ke-atas dan ke-bawah dan juga memutar sesuai jarum jam dan juga berlawanan arah jarum jam. Sesuaikan dengan kebutuhan yang kalian capai, misalkan 10 set per-hari atau juga bisa lebih. Gerakan ini dapat melunturkan otot-otot yang kaku di sekitar leher, meningkatkan fleksibilitas, meningkatkan kinerja akivitas fisik dan lain-lain.

Nah itulah tiga latihan ringan sebelum memulai kesibukan harian. Lakukanlah sesuai kebutuhan dan kondisi yang ingin kalian capai, akan lebih bagus lagi jika dilakukan setiap hari. Terima kasih telah membaca dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman kalian ya.