Kepopuleran Sneakers Hingga Menjadi Trend Sepatu Masa Kini

Sneakers sendiri berasal dari kata “sneak” yang berarti mengendap-endap. Tidak seperti high heels atau boots, karena terbuat dari sol karet maka saat memakai sepatu ini, tidak akan terdengar langkah kaki ketika berjalan. Jadi karena sepatu ini tak menimbulkan suara, maka orang mengasosiasikan bahwa orang yang memakai sneakers bisa menyelinap, mengendap-endap atau mengikuti orang secara diam-diam.

 

Pada akhir abad ke 18, sneakers lebih dikenal dengan sebutan plimsolls, yaitu sepatu dengan sol yang terbuat dari karet. Awalnya sneakers diciptakan tanpa membedakan kaki kiri dan kanan sehingga kurang nyaman untuk dipakai. Namun sekitar tahun 1892, perusahaan karet asal Amerika Serikat mengembangkan sepatu bersol karet dengan kanvas sebagai penutup punggung kaki yang lebih nyaman untuk digunakan.

 

Di Indonesia sendiri perkembangan sepatu sneakers begitu cepat. Terlihat dari banyaknya brand-brand ternama yang semakin menaikkan popularitasnya dengan bekerja sama dengan para artist.

 

Sebut saja brand kenamaan mancanegara seperti Adidas, Nike, Puma, Vans dan masih banyak lagi.

 

Awalnya sneakers hanya digunakan sebagai sepatu olahraga. Namun seiring dengan perkembangan mode, sneakers mulai dipakai untuk kegiatan yang bersifat santai seperti nongkrong ataupun jalan-jalan karena gayanya yang kasual dan nyaman dipakai.

 

Selain gaya nya yang kasual dan nyaman, ada beberapa kelebihan pada sepatu sneakers ini hingga banyak peminat yang memakainya antara lain sebagai berikut :

 

1.    Mudah dipakai di segala situasi dan kondisi

Tak hanya sebagai sepatu olahraga, fungsi sneakers juga dapat digunakan dalam berbagai keperluan. Kalian bisa memadukan sneakers dengan celana jeans dan kaos atau bahkan sekarang mulai muncul model memadukan sneakers dengan dress.

 

2.    Aman dan nyaman dipakai sepanjang hari

Sneakers sendiri memiliki tingkat kenyamanan yang lebih dibandingkan dengan jenis sepatu lainnya. Modelnya yang mengikuti bentuk kaki kita, membuat sneakers mampu menjadi pilihan terbaik jika ingin bepergian jauh karena sifatnya yang membuat kaki tidak mudah pegal.

 

3.    Memiliki banyak model dan berbagai macam warna yang menarik

Karena banyaknya peminat pada sepatu sneakers, maka tak heran jika para produsen sneakers berlomba-lomba menciptakan berbagai model dan varian warna untuk menarik para pemintanya.

 

4.    Perawatan yang mudah dilakukan

Sneakers terbilang sebagai sepatu yang mudah dalam perawatannya. Terlihat dari cara perawatannya cukup dengan menggunakan sikat gigi bekas dengan air sabun untuk membersihkan kotoran yang menempel pada sepatu. Atau jika tidak mau repot bisa menggunakan jasa layanan mencuci sneakers.

 

5.    Harga yang terjangkau

Sneakers terbilang memiliki harga yang terjangkau. Terlihat dari banyaknya produsen sneakers yang menawarkan harga yang terjangkau kecuali sneakers dengan edisi tertentu.