Keluar dari ‘Zona Nyaman’ Apakah Harus?

“Pagi ke pagi kuterjebak didalam ambisi bersama orang-orang berdasi yang gila materi rasa bosan membukakan jalan mencari peran keluarlah dari zona nyaman” .Apakah yang anda pikirkan pertama kali ketika mendengar kata  “zona nyaman” . Apakah anda terpikirkan lagu dari  fourtwnty?hahaha jika iya Anda pasti pecinta musik indie. Tapi yang di maksud zona nyaman disini bukanlah sebuah judul lagu, zona nyaman ialah sebuah situasi atau kondisi dimana seseorang merasa aman, nyaman terhindar dari segala resiko atau masalah.

Berada di zona nyaman memang sangat mudah dan menyenangkan,kenapa? Karena Anda akan terhindar dari masalah-masalah ataupun gangguan dari luar diri Anda. Kita ambil contoh ada sebuah tim sepak bola tim tersebut selalu menjadi juara di daerahnya dan selalu dengan mudah mengalahkan tim-tim lain di daerahnya lalu jika Anda adalah pelatih tim tersebut lalu akan mengadakan uji coba untuk mengukur kekuatan tim Anda, mana yang akan Anda pilih, melawan tim-tim di daerah Anda yang sering tim Anda kalahkan atau melawan Tim di daerah lain yang belum pernah tim Anda lawan? Tentu sebagai seorang pelatih Anda akan melakukan uji coba dengan tim di daerah lain, Kenapa? Karena dengan melawan tim yang lebih kuat atau tim yang tidak pernah dilawan pelatih dapat melihat apa kekurangan timnya dan hal apa yang harus dibenahi dari timnya.

Sama seperti diri Anda, dengan keluar dari zona nyaman Anda akan mengenali diri anda lebih baik, mengetahui apa kekurangan dalam diri Anda, memperluas wawasan Anda, menjadi pribadi yang lebih terbuka, kritis dan praktis ,dapat menjadi sebuah langkah untuk meng-upgrade diri Anda, serta dapat menjadi gerbang menuju kesuksesan

Kesuksesan datang dari sebuah kerja keras doa, semangat dan sikap pantang menyerah. Tetapi salah satu gerbang kesuksesan ialah keluar dari zona nyaman, kenapa? Karena dengan kita keluar dari zona nyaman kita akan bisa melihat dan menemukan berbagai jalan menuju kesuksesan.

Sejak tadi sudah dijelaskan betapa pentingnya untuk keluar dari zona nyaman. Tetapi, ada sebuah pertanyaan yaitu apakah selamanya kita harus keluar dari zona nyaman? Tentunya tidak dan Anda pasti sedang berkata dalam hati “Dari tadi sudah dijelaskan betapa pentingnya untuk keluar dari zona nyaman tapi kenapa malah sekarang bilang untuk tidak harus selalu keluar dari zona nyaman. Aduh nggak jelas banget”. Tunggu jangan pusing dulu, begini ada kalanya kita harus tetap berada di zona nyaman kita, tapi kenapa? Kita ambil contoh ada sepasang suami istri, si suami sudah menganggap si istri sebagai zona nyamannya dan begitu pula sebaliknya. Apakah tepat jika si suami atau istri keluar dari zona nyamannya? Tentunya sangat tidak tepat. Dari segala penjelasan tadi kesimpulannya yaitu berusahalah untuk keluar dari zona nyaman kita saat ini tapi kita juga harus melihat dan merenungi apakah zona nyaman kita saat ini layak kita tinggalkan dan jika zona nyaman kita sudah bisa membuat diri kita menjadi pribadi yang lebih baik mungkin kita tidak harus meninggalkannya.