Bahaya! Awasi Jam Terbang Gadgetmu

Sumber foto: pixabay.com

Di era sekarang ini teknologi di berbagai belahan dunia telah mengalami perkembangan sangat pesat. Hampir setiap hari terdapat penemuan baru dalam dunia teknologi. Mau tidak mau, masyarakat umum harus dapat mengikuti perkembangan teknologi tersebut. Perkembangan teknologi yang dilakukan berdampak pada perilaku manusia. Kok bisa?

Manusia dituntut untuk terus dapat hidup, selagi teknologi berkembang, manusia juga harus mengikuti perkembangannya agar dapat selaras antara manusia dengan teknologi yang diciptakannya. Salah satunya gadget. Saat ini gadget merupakan salah satu alat komunikasi yang menjadi kebutuhan primer dari yang dulunya kebutuhan tersier. Gadget semakin tahun selalu menunjukkan kemajuan teknologi yang dimilikinya. Pembaharuan selalu dilakukan.

Banyak manfaat yang diberikan dengan adanya perkembangan gadget. Akan tetapi dampak negatif dapat saja muncul dengan mudah apabila kita tidak menggunakan gadged secara bijak. Terutama penggunaan gadget tanpa batasan waktu akan membahayakan diri kita sendiri lho.

Bebarapa bahaya yang muncul yaitu:

  1. Masalah mata. Durasi mata kita melihat layar smartphone terlalu lama akan membuat otot mata menjadi tegang dan perih. Apalagi membaca huruf yang kecil di smartphone, akan membuat penurunan penglihatan (minus).
  2. Jam tidur kurang. Semakin seru aplikasi yang ada pada gadget kita, semakin sering pula kita menggunakan aplikasi tersebut tanpa memperhatikan waktu. Kebanyakan orang menggunakan waktu santai malam mereka sebelum tidur dengan membuka layar smartphone dan menjalankan aplikasinya. Karena terlalu asik dengan smartphone sehingga kita melewati batas jam tidur yang seharusnya. Hal ini akan menyebabkan sistem imun kita semakin lama semakin menurun akibat kurangnya istirahat.
  3. Finger injury. Pernahkan kalian merasa tangan dan jari merasa kebas, capek, hingga sakit? Berhentilah sejenak memegang gadget. Aliran darah yang tidak sempurnak akan membuat tangan terasa kebas. Biarkan tangan kalian beristirahat sejenak agar dapat digunakan selama hidupmu.
  4. Tidak dianggap di dunia nyata. Melihat gadget membuat kita terfokus pada apa yang kita lihat. Tidak jarang kita tidak mendengar seseorang memanggil nama kita walaupun dengan jarak dekat. Sehingga orang yang memanggil kita pun menjadi malas untuk memanggil berulang-ulang.

Pembatasan waktu untuk menggunakan gadget merupakan salah satu cara alternatif untuk mengurangi dampak negatif yang timbul dari perkembangan teknologi saat ini. Penggunaan gadget dalam waktu yang berlebihan akan merusak kesehatan bahkan kepribadian seseorang. Kita harus bisa melek dengan kondisi dan keadaan sekarang. Sayangi dirimi, sayangi tubuhmu!