5 Kebiasaan Keliru Yang Dilakukan Sejak Kecil

Kebiasaan yang ajarkan sejak dini

Rancah.com – Kebiasaan adalah kegiatan yang dianggap benar dan terus dilakukan oleh banyak orang secara berulang-ulang. Tapi, tahukah kamu, ternyata kita banyak melakukan kesalahan dalam kebiasaan sehari-hari. Bahkan kesalahan tersebut menjadi suatu pembenaran bagi kita. Berikut 5 daftar kesalahan yang sering kita lakukan:

  1. Tidak menggunakan air dingin setelah selesai mandi

Sulit bagi sebagian orang untuk menyelesaikan mandi dengan menggunakan air dingin. Apalagi jika telah memulai mandi menggunakan air hangat. Namun tahukah kamu, jika menggunakan air hangat saat mandi dan menyelesaikan proses mandi dengan menggunakan air dingin, dapat membantu kamu dalam memperlancar sirkulasi darah, meningkatkan aliran getah bening, meningkatkan sistem imun, memperbaiki kondisi kulit, dapat menghilangkan stres, hingga merangsang penurunan berat badan. Jadi, mulai lah mandi dengan air hangat dan selesaikan mandi dengan air dingin selama 20 hingga 25 detik.

  1. Menggosok gigi sesaat setelah makan

Mungkin hal ini sudah umum dilakukan bagi sebagian besar orang. Namun tahukah kamu, jika menggosok gigi sesaat setelah makan akan berdampak buruk bagimu, terutama setelah selesai menyantap makanan yang mengandung asam sitrat atau gula? Beberapa makanan yang mengandung asam sitrat yaitu seperti jeruk, lemon, dan soda. Jenis makanan tersebut dapat melemahkan email gigi yang berfungsi untuk melindungi gigi. Apabila sesaat setelah mengkonsumsi makanan tersebut dan langsung menggosok gigi, gigi akan sangat mudah rusak dan menjadi kuning. Jika ingin menggosok gigi, tunggulah sekitar 30 hingga 40 menit setelah makan atau sebelum makan.

  1. Membasuh wajah setelah olahraga

Bagi kamu yang senang olahraga, pasti pernah dan sering melakukan kegiatan tersebut. Namun tahukah kamu, jika kebiasaan membasuh wajah setelah beraktivitas adalah kebiasaan yang salah? Membasuh wajah dan menghilangkan kotoran wajah sebelum berolahraga adalah hal yang wajib dilakukan. Jika tidak, kotoran yang ada di wajah akan bercampur dengan keringat saat berolahraga dan menyumbat pori-pori. Ketika wajah dibasuh setelah berolahraga, keringat dan kotoran wajah akan semakin menyatu hingga masuk kedalam kulit. Hal ini akan menyebabkan iritasi dan masalah kulit lainnya pada wajah. Jadi, basuh wajah sebelum berolahraga dan gunakan handuk katun saat membersihkan keringat ketika berolahraga untuk menghindari masuknya kotoran kedalam pori-pori.

  1. Mencuci tangan setelah memakai tabir surya

Setelah memakai tabir surya di tubuh, sering kali kita langsung mencuci tangan. Namun tahukah kamu, telapak tangan juga terkena sinar UV dari matahari dan membutuhkan perlindungan juga? Maka pakai tabir surya secara merata di seluruh tubuh yang terpapar matahari termasuk telapak tangan dan kuku. Hal ini akan menunda masalah penuaan dini dan mencegah masalah kulit lainnya.

  1. Menahan bersin dengan menutup hidung

Sebagian orang akan menutup hidung saat akan bersin. Hal ini sering dilakukan untuk mencegah suara berisik saat bersin, hingga untuk menahan bersin. Namun tahukah kamu, menutup hidung saat akan bersin sangat berbahaya bagi tubuh? Dampak yang ditimbulkan berupa udara yang akan keluar akan terperangkap di dalam dada diantara kedua paru-paru, berpotensi memecah gendang telinga, hingga memperbesar pembuluh darah di otak. Bersin adalah cara alami tubuh untuk mengeluarkan debu dan bakteri dari saluran pernapasan.

Masih banyak hal lain yang dilakukan secara keliru dan telah menjadi suatu kebiasaan. Nah, dari kelima hal diatas, apakah kamu pernah melakukannya?