Jati Diri Bukanlah Sesuatu yang Bisa Dicari, Simak Disini

Disaat pandemik ini sedang berlangsung, saya memiliki banyak pertanyaan dalam diri saya. Salah satunya adalah, siapakah saya ? orang seperti apa sebenarnya saya ini ? Sampai saya berada disebuah kesimpulan bahwa, saya tidak peduli lagi dengan hal-hal itu. Kenapa saya harus memusingkan hal itu kalau saya bisa membentuk diri saya menjadi orang yang saya inginkan.

Masih banyak orang-orang beranggapan bahwa jati diri adalah sesuatu yang harus dicari dan ditemukan. Banyak tes kepribadian yang beredar di Internet hanya untuk mengetahui sebenarnya siapa diri kita ? Orang-orang bertanya, siapa saya ? orang seperti siapakah saya ini ? Apa gunanya mempertanyakan hal seperti itu ? Saya rasa kita tidak bisa menentukan siapa diri kita berdasarkan omongan orang dan tes kepribadian yang beredar di Internet.

Jati diri bukanlah sesuatu yang bisa kita cari. Jati diri bukanlah sesuatu yang hilang dan harus ditemukan, melainkan diciptakan. Kalian pasti pernah dengar dengan pepatah yang mengatakan, “Life is not about finding yourself, it’s about creating youself.

Saya pribadi sangat setuju dengan pepatah tersebut. Manusia memiliki kekuatan yang luar biasa untuk menciptakan dirinya sendiri. Memilih untuk menjadi orang seperti apa. Kita diberi hak penuh untuk menjadi orang yang kita idamkan. Apalah gunanya kita mencari jati diri jika kita bisa menciptakannya ?

Anggap saja kamu telah menemukan jati dirimu. Kamu sadar bahwa kamu adalah seseorang yang pemalas, seseorang yang tidak suka bekerja keras, seseorang yang gampang menyerah. Terus apa yang akan kamu lakukan ? Apakah kamu akan tetap menjadi orang yang seperti itu ? Apakah itu adalah apa yang kamu inginkan dalam dirimu ? Disaat kita merasa bahwa jati diri adalah sesuatu yang dicari, kita seakan tidak punya kuasa untuk mengubah jati diri kita. Kita menganggap jati diri adalah hal yang kita dapatkan saat kita lahir dan harus kita terima mau apapun yang terjadi.

Begitu juga sebaliknya, anggap saja kamu sadar bahwa kamu adalah orang yang sangat mudah bergaul dan sangat percaya diri. Terus kenapa ? Apakah kamu akan stop sampai disitu ? Apakah kamu akan berhenti belajar bagaimana menjadi orang yang lebih percaya diri lagi ? Secara tidak langsung kamu memutuskan untuk tidak berkembang lagi, padahal kamu masih bisa menjadi seseorang yang lebih dari itu.

Tidak ada gunanya kita mencari jati diri jika kita bisa menciptakan diri kita sendiri. “Create your own ideal self”. Jadi, mulai sekarang alangkah baiknya kita memutuskan untuk menjadi seseorang yang kita inginkan. Menjadi seseorang yang kita dambakan. Menjadi seseorang yang istimewa di mata kita sendiri, bukan orang lain.