Si Bayi Mungil Menangis, Calon Ayah Tidak Usah Panik!

rancah.com – Kehadiran sosok makhluk kecil menghadirkan status suasana baru yaitu sosok sebagai ayah. Sebagai sosok ayah kalian harus tau apa saja yang harus diketahui dan hal apa saja yang bisa kita lakukan untuk sang buah hati.

Salah satunya adalah mengenal suara tangisan bayi, jadi kalian tidak perlu panik. Yuk, kita simak jenis tangisan apa saja itu!

1. Butuh istirahat

Bayi yang baru lahir butuh istirahat sampai 17 jam perhari jika bayi rewel mungkin ia butuh tidur bawa ia ke tempat tenang, redupkan lampu dan ayun perlahan.

2. Popok basah

Jika kalian sudah belajar bagaimana mengganti popok maka kalian tidak perlu menunggu sang istri atau pengasuh. Lakukanlah sendiri agar meringankan beban sang istri.

3. Lapar

Ingatkan istri untuk menyusui. Bayi setiap 2-3 jam sekali atau sesering bayi mau, dengan durasi 20 menit atau lebih untuk setiap payudara.

4. Ingin di gendong

Terbiasa 9 bulan nyaman dalam kandungan ibu, jelas bayi merasa butuh didekap dan di gendong. Kalian jangan gentar sebagai ayah duluanlah menggendong anak sendiri pelajari caranya ya!

5. Tidak nyaman

Bayi tampak berkeringat atau merah? Coba cek suhu ruangan. Pastikan bedongnya tidak terlalu kencang dan pakaiannya nyaman.

6. Masalah perut

Bayi yang baru lahir masih memiliki masalah pencernaan yang sensitif terkadang perut kembung dan gas menjadi penyebab tangis. Usapkan minyak telon untuk menghangatkan perutnya.

7. Ingin disendewakan

Sehabis disusui bantu istri sendewakan bayi untuk menyamankan perutnya. Caranya, gendong bayi dengan posisi kepala lebih tinggih dari perutnya dan tepuk-tepuk perlahan punggungnya sampai terdengar bunyi sendewa.

8. Terlalu banyak stimulasi

Begitu lahir bayi menerima bertuhi-tubi stimulasi untuk indra penciuman, pendengaran, penglihatan dan perabahnya. Stimulasi yang berlebihan akan membuat si bayi tak nyaman. Bawa ia ke tempat tenang ayun-ayun perlahan sambil menepuknya.
Sebuah penelitian menyebutkan bahwa bayi cepat tenang apabila mendengar suara ayah dalam nada yang rendah jadi jangan ragu untuk berbicara dan menyanyi untuk bayi anda ya ayah!

9. Sakit
Jika semua penyebab bayi menangis sudah dicari dan bayi masih terus menangis selama 30 menit maka kemungkinan bayi sakit segera bawa bayi anda  ke dokter dan konsultasikan dengan mereka.

Dalam situs kompas.com memberitakan bahwa dalam sebuah studi yang dilakukan oleh tim dari Imperial College London di ketahui bahwa ayah yang ikut mengurus anak dan ikut berinteraksi dengan bayinya akan meningkatkan kecerdasan buah hatinya. Jadi anda sebagai seorang ayah semangat ya! untuk ikut membantu istri dalam merawat bayi.

Referensi

AYAH BUNDA, TIM REDAKSI. 2020. Seri Ayah Bunda-1001 SENI JADI AYAH 4: AYAH ANDALAN. Jakarta selatan: PT ASPIRASI PEMUDA