Olahraga Mandiri Dengan Gerakan Mudah Namun Bermanfaat

Foto : Pose Yoga (Fabelio.com)

rancah.com – Di beberapa daerah di Indonesia, mulai melakukan aktivitas seperti biasa atau new normal. Namun ada juga daerah yang masih menerapkan karantina karena jumlah korban lumayan tinggi.

Setelah adanya Covid-19, beberapa kegiatan sehari-hari banyak yang berubah. Terutama wajib memakai masker, memakai hand sanitizier dan menjaga jarak untuk meminimalisir penyebaran Covid-19.

Tak jarang beberapa aktivitas yang semula menjadi kebiasaan, kini ditiadakan untuk sementara. Biasanya penduduk setempat memilih berolahraga diluar ruangan seperti bersepeda, jogging, sepakbola, bulutangkis bahkan berenang. Olahraga sendiri penting bagi kesehatan, sebagai alternatifnya para pembaca bisa berolahraga mandiri dirumah masing-masing.

  • Yoga

Tak hanya memberikan efek rileks namun juga menyehatkan dan cukup mudah dipraktekkan. Olahraga yoga melatih kelenturan, pernapasan, bahkan keseimbangan. Yoga memiliki beberapa macam dengan manfaat yang berbeda pula, gerakan yoga juga banyak dan membuat pembaca tak bosan melakukan olahraga satu ini. Terdapat yoga Hatha, yoga Bikram dan lain-lain namun bagi pemula biasanya melakukan yoga Hatha yang berisi teknik dasar gerakan yoga.

  • Plank

Gerakan cukup sederhana namun memiliki banyak manfaat, mulai dari membakar kalori, menguatkan otot lengan dan kaki namun juga bisa menambah tinggi badan. Bagi para pemula, harap berhati-hati melakukan gerakan ini, karena ada beberapa gerakan yang membutuhkan fokus dan keseimbangan tinggi agar tidak terjatuh hingga menimbulkan cedera.

  • Push Up, Sit Up dan Back Up

Dari ketiganya yang familiar ditelinga adalah push up. Gerakan tersebut juga mudah dilakukan dan memiliki banyak manfaat, mulai dari menyehatkan jantung, melatih kekuatan otot bahkan memperbaiki postur tubuh jika dilakukan secara rutin dan benar.

  • Angkat Barbel

Sebagian besar orang tau jika angkat barbel identik dengan pembesaran otot lengan namun nyatanya bukan hanya itu saja manfaatnya. Gerakan yang mudah ini terlihat sepele namun jika rutin dilakukan bisa berdampak baik bagi jantung, meredakan depresi bahkan membakar kalori. Namun barbel harus disesuaikan dengan tujuan para pembaca karena jika salah memilih malah menjadi boomerang untuk diri sendiri. Barbel untuk pria dan wanita juga memiliki perbedaan berat, berat barbel juga bisa ditambah secara bertahap. Barbel bisa dibanderol mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah.

  • Senam

Terdapat banyak jenis senam, mulai dari senam aerobik, senam ritmik sportif, senam umum dan yang lainnya. Senam identik dengan musik yang mengiringi gerakan, senam memiliki banyak gerakan mulai dari yang sederhana hingga yang sulit. Walau para pembaca melakukan gerakan sederhana namun jika rutin melakukannya maka bisa membakar kalori, menghambat proses penuaan,melatih otot bahkan kelenturan.

  • Zumba

Olahraga ini termasuk dalam kategori senam namun zumba akhir-akhir ini melejit karena gerakannya yang dinilai lebih energic daripada senam biasa. Gerakan tari yang merujuk ke arah senam diiringi musik dengan ritme yang cepat namun dengan suasana menyenangkan dan mudah diikuti. Tak hanya membakar kalori namun juga dapat mengurangi depresi dan menimbulkan rasa bahagia. Zumba juga minim resiko cedera bahkan bisa dipraktekkan oleh kalangan pemula hingga lansia.

  • Menari

Tak kalah seru dengan zumba dan senam, menari juga terkesan menyenangkan dan gerakannya lebih bebas. Namun menari memiliki level yang berbeda, mulai dari yang sederhana hingga yang sulit. Menari bisa membakar lemak, meningkatkan fleksibilitas, menguatkan daya ingat bahkan mengurangi depresi. Menari memiliki banyak jenis, mulai dari tari tradisional hingga tari kontemporer. Tari kontemporer sendiri merupakan tari dengan gerakan bebas dan modern namun memiliki kesan unik. Bagi pemula disarankan untuk melakukan tari kontemporer atau tari modern. Namun bisa juga menekuni tari tradisional bahkan tari dari negara lain seperti ballet, waltz, salsa bahkan tango.

Itulah beberapa olahraga mandiri yang bisa dilakukan dirumah masing-masing, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.