7 Kebiasaan Sehari-hari yang Membuat Badan Jadi Gemuk

Ilustrasi

Badan gemuk adalah kondisi yang sangat dihindari oleh sebagian besar orang. Namun, berbagai kebiasaan keseharian yang kita anggap wajar justru merupakan kunci utama penyebab kegemukan. Berikut 7 kebiasaan tersebut:

  1. Kurang mengonsumsi air putih

Mengonsumsi air putih memiliki hubungan langsung antara hidrasi dengan penurunan berat badan. Jurnal American Chemical Society menemukan bahwa bila seseorang mengkonsumsi 2 gelas air putih setiap harinya sebelum makan dapat mengurangi berat badan sebanyak 1,5 – 2 kg.

Kita disarankan mengonsumsi 2 liter air perhari. Namun setiap kebutuhan cairan bagi orang-orang itu berbeda-beda, sesuai dengan umur mereka masing-masing.

  1. Begadang

Siapa nih yang doyan begadang ? Ternyata kebiasaan ini merupakan salah satu penyebab kegemukan, lho. Dilansir dari situs Newsmaxhealth.com, penelitian terbaru menunjukkan bahwa kurang tidur dapat mengakibatkan kenaikan berat badan rata-rata 2,7 kg.

Jika kita kekurangan tidur, otak akan cepat lelah pada keesokan harinya dan menyebabkan meningkatnya nafsu makan. Dr Jacob Teitelbaum menjelaskan bahwa kurang tidur dapat mengacaukan hormon yang mengontrol nafsu makan.

  1. Melewatkan sarapan

Banyak orang berpikiran bahwa melewatkan sarapan pagi dapat mengurangi berat badan. Padahal justru hal itu lah yang membuat berat badan kita semakin meningkat.

Dilansir Okezone dari Daily Mail, Senin (29/4/2019) para ahli menemukan, makan siang dan makan malam lebih padat kalori berdampak pada berat badan. Ini terjadi karena tidak adanya menu sarapan dan membuat makan siang harus ekstra begitu juga dengan makan malam. Asupan lemak yang relatif lebih tinggi saat makan siang juga meningkatkan risiko anak kelebihan berat badan atau obesitas pada usia tujuh tahun sebesar 17%.

  1. Makan larut malam

Pada malam hari, tubuh membakar lemak saat tidur. Proses ini bertujuan untuk menjaga kadar gula darah tetap normal saat tidur. Ketika cadangan glikogen habis, hati akan membakar sel lemak untuk dijadikan energi. Tubuh kita membutuhkan waktu beberapa jam untuk melakukan proses tersebut sampai cadangan glikogen terpakai.

Sehingga, jika kamu makan larut malam, tubuh tidak mendapatkan kesempatan untuk membakar lemak karena Anda sudah mulai mengisi cadangan glikogen lagi.

  1. Terlalu banyak mengonsumsi teh dan kopi

Ternyata teh dan kopi merupakan menuman berkalori tinggi. Sebanyak 63% peminum kopi dan 33% peminum teh akan mendapat asupan kalori yang berlebih. Hal inilah yang membuat peminum teh atau kopi menjadi mudah gemuk.

  1. Makan dalam keadaan lapar

Sebagian besar orang baru akan makan ketika mereka sudah merasa lapar. Ternyata, makan dalam keadaan lapar dapat meningkatkan nafsu makan lebih tinggi lagi. Akibatnya porsi makan kamu lebih besar. Ada baiknya, makan lah sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang.

  1. Mengonsumsi minuman bersoda

Sebuah riset menunjukan bahwa mengkonsumsi minuman bersoda  1-2 gelas  soda per hari dapat meningkatkan berat badan hingga obesitas hampir 33% . Pemanis buatan yang terdapat pada soda memicu nafsu makan yang berlebih sehingga kamu tidak sadar makan dengan porsi yang lebih banyak dari biasanya.

Itulah tadi 7 kebiasaan yang membuat badan gemuk. Semoga bermanfaat !